-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240404-WA0000

RAT Tahun Buku 2022, Aset KMM Lampaui 1 Triliun Rupiah

Jumat, 27 Januari 2023 | 14.48 WIB Last Updated 2023-01-27T09:51:44Z
Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM menyampaikan sambungnya pada RAT Tahun Buku 2022.
Bogor(DN)
Bertempat di Hotel Grand Mutiara Puncak Bogor, Jawa Barat, Koperasi Makmur Mandiri (KMM) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022, Jumat, 27/1.

Acara yang turut dihadiri anggota melalui zoom meeting ini, menghadirkan pengurus, pengawas dan penasehat pusat, pimpinan koordinator wilayah yang membawahi 180 cabang yang tersebar di 24 propinsi se-Indonesia, pimpinan cabang yang berprestasi (SHU lebih dari 500 juta rupiah) serta anggota.

Dalam RAT itu, Ketua KMM, Drs Tumbur Naibaho MM mengumumkan bahwa aset yang dimiliki koperasi yang berkantor pusat di Bekasi Jawa Barat itu, saat ini mencapai 1.022.392.866.086, dengan anggota berjumlah 82.918 orang, SHU sebesar Rp 6.719.209.927, serta karyawan berjumlah 1.351 orang.

"Dari tahun ke tahun KMM terus bertumbuh meski diperhadapkan pandemi Covid-19 tiga tahun terakhir. Hasil baik KMM pada 2022 ini tidak lepas dari partisipasi anggota yang bersinergi dengan kinerja ciamik para karyawan," sebut Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM dalam sambutannya.

Saat ini, lanjut Suami Jusniar Simbolon itu, Kantor KMM berjumlah 180 Cabang tersebar di 24 Provinsi di Indonesia. Terbanyak di Provinsi Jawa Barat dengan 60 kantor, Sumatera Utara 41 kantor, Banten 17 kantor, Jawa Tengah 14 kantor, Riau 8 kantor, Jawa Timur 7 kantor, Kepulauan Riau 6 kantor, Lampung 4 kantor, Bali 4 kantor, dan di DKI 3 kantor.

Selanjutnya, di Provinsi Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan, masing-masing 2 kantor. Serta Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Yogyakarta, NTB, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara, masing-masing ada 1 kantor.

"Koperasi Makmur Mandiri termasuk Koperasi Berprestasi tingkat Nasional tahun 2018 yang menerima penghargaan dari Kementerian Koperasi & UKM RI," tambah Putra 12 Bersaudara kelahiran Desa Tanjung Bunga Kabupaten Samosir tersebut.

Selain itu, Koperasi Makmur Mandiri turut serta berperan dalam mensukseskan program Pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional di masa Covid-19.

Sebagai Mitra Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi UKM, KSP Makmur Mandiri dipercaya menyalurkan dana untuk modal usaha produktif para anggota dengan total dana 2020-2023 sebesar Rp 300.000.000.000,-.
RAT KMM Tahun Buku 2022.
"Pada kesempatan hai ini kami menyampaikan terima kasih banyak kepada Pemerintah melalui LPDB Kemenkop yang telah mempercaya KMM untuk penyaluran dana pemerintah," ungkapnya.

Rapat Anggota Tahunan merupakan Amanat Undang-undang No 25 Tahun 1992 dan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM No 19/Per/M.UMKM/IX/2015 tentang Penyelenggaraan Rapat Anggota Koperasi Serta AD, ART dan Peraturan Khusus KMM yang merupakan kewajiban Pengurus untuk melaksanakannya.

Karena itu, pada Rapat Anggota ini, Pengurus KMM menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban Tahun Buku 2022 serta Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB) tahun kerja 2023 yang telah dibahas juga di forum Pra Rapat Anggota Tahunan yang telah diselenggarakan bulan Desember 2022 di setiap wilayah kerja KSP Makmur Mandiri.

"Dalam forum Rapat Anggota saat ini pengurus perlu mendapat pengesahan. Kami juga mengharapkan masukan, usul dan saran dari kita semua sehingga kinerja tahun 2023 KSP Makmur Mandiri lebih baik," pungkas Ketua KMM.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri Tahun Buku 2022 resmi dibuka oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, melalui Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI Ahmad Zabadi.

Selain itu, RAT KMM turut serta dihadiri oleh Direktur Bisnis Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi (LPDB KUMKM) Krisdianto Soedarmono, ST, MM beserta Kadiv Bisnis dan staf.

Juga Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji beserta Kabid Kelembagaan Lia Embasari, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi Yayan Yuliana beserta Santi Sukiarti Kepala Bidang Koperasi dan Sukarman Kepala Seksi Koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang Drs. Rochman M.Si, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang Banten H. Dadang Rahmat, SSos, MSi, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Hj Nurul Hayati, MSi, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sukabumi yang diwakili Tidar.

Serta hadir juga para Pengurus dari Koperasi Besar Indonesia, Pemimpin Redaksi Majalah Peluang Irsyad Muchtar dan Yuni serta para insan pers.(SBS).
×
Berita Terbaru Update