-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Ijeck Raih Penghargaan Sahabat Utama Pers SPS Sumut

Jumat, 30 Desember 2022 | 16.14 WIB Last Updated 2022-12-30T13:17:35Z
Wagubsu Musa Rajekshah menerima penghargaan dari SPS Sumut.(Dok Ijeck).
Medan(DN)
Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah (Ijeck) menerima Penghargaan Sahabat Pers dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut. Penghargaan ini diberikan karena Ijeck selama ini dinilai senantiasa konsisten membantu media dalam melaksanakan tugasnya.

Penghargaan diberikan Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik bersama Ketua SPS Pusat diwakili Ketua Bidang Pendidikan Syamsudin Hadi Sutanto kepada Musa Rajekshah di Awarding Night 2022, Kamis (29/12) malam.

Selain Ijeck, Penghargaan Sahabat Pers ini juga diberikan SPS Sumut kepada 18 tokoh yang ada di Sumut. Termasuk, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Walikota Medan, Bobby Nasution serta sejumlah tokoh lainnya juga menerima Penghargaan Sahabat Pers dari SPS Sumut.

Kegiatan yang digelar di Hotel Arya Duta Medan ini, diikuti 40 perusahaan media cetak yang ada di Sumut, serta dihadiri sejumlah tokoh penerima Awards.

Dilansir dari Waspada.id, Ketua Panitia Hendrik Prayetno menjelaskan, Awards Night merupakan agenda rutin SPS Sumut yang diadakan setiap dua tahun sekali.

Kegiatan ini diadakan sebagai wujud apresiasi SPS terhadap media cetak yang mampu bertahan dan tetap konsisten menerbitkan surat kabar ditengah derasnya gempuran media online.

Selain itu, juga sebagai wujud ucapan terima kasih kepada seluruh tokoh sahabat pers yang selalu setia membaca koran serta dekat dengan insan pers dan terbuka menyampaikan informasi.

Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik dalam sambutannya menyebut, diadakannya night awards ini juga untuk menjelaskan kepada 40 media dan para pejabat terkait program SPS selama 1 tahun ini. 

Dikatakannya, untuk mempertahankan agar media cetak tetap eksis, SPS Sumut bekerjasama dengan Pemprov Sumut dan pemerintah kabupaten/kota telah membuat gerakan ‘Gemar Membaca Koran’ dan gerakan ‘Membaca Antar Sekolah’ bagi siswa-siswi SLTA di Sumut.

Kegiatan gemar membaca koran dan membaca antar sekolah dimulai pelaksanaannya di Kabupaten Deliserdang yang diikuti 2.000 pelajar, kemudian dilanjutkan di Kabupaten Langkat dan kabupaten/kota lainnya, serta baru-baru ini diadakan di aula rumah dinas gubernur, jelas Farianda.

Sementara, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah yang hadir pada acara ini dalam sambutannya menyatakan di era digitalisasi saat ini perkembangan media online tumbuh begitu pesat, namun begitu ia menyakini media cetak tak akan mati dan tetap masih sangat dibutuhkan.

“Di negara maju sekalipun dimana digitalisasinya begitu kuat, media-media cetaknya tetap hidup. Demikian juga di Indonesia, meski saat ini berdasar data Dewan Pers sudah ada 47 ribu media online, tapi masih ada 600 koran dan 400 tabloid yang tetap hidup dan eksis,” ujar Ijeck, panggilan akrab Musa Rajekshah.

Pemprov Sumut lanjutnya, tetap membutuhkan bantuan dari media cetak dalam menyampaikan informasi pembangunan di Sumut kepada masyarakat luas melalui pemberitaan yang akurat dan berimbang.
Sejumlah tokoh menerima penghargaan.(ist)
Penghargaan Good Media dan Sahabat Pers
Pada kegiatan Awards Night SPS Sumut 2022 ini, diberikan penghargaan kepada 9 media cetak yang memperoleh predikat good media dan 4 media dengan predikat Sukma.

Adapun 9 media cetak yang memperoleh penghargaan Good Media adalah Harian Sumut 24 untuk kategori pemberitaan politik, Harian Sumut Pos untuk kategori berita pendidikan dan sosial budaya, Harian Analisa untuk kategori berita ekonomi dan bisnis, Harian Medan Pos untuk kategori berita hukum, dan Harian Metro 24 untuk kategori berita kriminal.

Kemudian, Harian Waspada untuk kategori berita olah raga, Harian Realitas untuk kategori berita pelayanan publik, Harian SIB untuk kategori pemberitaan kedaerahan, serta Harian Orbit untuk kategori pemberitaan responsif gender dan ramah anak.

Sedangkan media cetak yang memperoleh penghargaan Sukma (Sumatera Utara Kreatif Media) jatuh kepada Harian Sumut Pos (platinum), Harian Waspada (gold), Harian Mimbar Umum (silver) dan Harian Medan Pos.

Selain memberi penghargaan Good Media dan Sukma pada media cetak, SPS Sumut juga memberi penghargaan pada 6 sahabat utama pers dan 19 sahabat pers.

Keenam sahabat utama pers itu yakni Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wagub Sumut Musa Rajekshah, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Pangdam I BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, dan Kejati Sumut Idianto SH MH.

Sedangkan 19 tokoh yang mendapat penghargaan Sahabat Pers yakni, Bupati Deliserdang Azhari Tambunan, Bupati Padanglawas Ahmad Zarmawi Pasaribu, Bupati Batubara Ir H Zahir MAP, Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Bupati Sergai H Darma Wijaya, Walikota Tebing Tinggi Muhammad Dimyati.

Selanjutnya, Plt Bupati Langkat Syah Afandin SH, Ketua DPW PAN Sumut Ahmad Fauzan Daulay, Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, Bupati Madina Muhammad Ja’far Sukhairi Nasution, Dirut Bank Sumut Rahmad Fadillah Pohan, dan Dirut PDAM Tirtanadi Medan Kabir Bedi.

Kemudian, Rektor USU Dr Muryanto Amin, Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP, Kepala BP2RD Sumut Ahmad Fadli, Bupati Tapsel Dolly Putra P Pasaribu, Ketua Umum Pujakesuma H Santoso, Kepala Kantor Pertanahan Medan Dr Yuliandi, serta Dirut PTPN II Irwan Perangin-angin.(red/was).
×
Berita Terbaru Update