-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

TMMD ke-115: Warga Sambut Baik Kolaborasi TNI Dalam Pencegahan Stunting di Hasinggaan

Jumat, 14 Oktober 2022 | 08.01 WIB Last Updated 2022-10-14T05:07:04Z
Selain pembukaan jalan, TNI juga berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan dalam pencegahan stunting di Desa Hasinggaan.
SAMOSIR(DN)
Selain pembukaan jalan sepanjang 1,2 kilometer, program TMMD ke-115 tahun 2022 yang dilaksanakan di Desa Hasinggaan, Kecamatan Sianjurmulamula Kabupaten Samosir, TNI juga berkolaborasi dengan petugas kesehatan dalam mensosialisasikan pencegahan stunting yang digelar Kamis (13/10) di halaman Kantor Kepala Desa Hasinggaan.

Kepala Puskesmas Limbong drg. Rawati Simarmata mengatakan, sosialisasi dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengatasi stunting di Desa tersebut.

"Kasus stunting yang ada di Desa Hasinggaan ada 16 bayi dan balita," sebut Rawati.

Stunting itu kata dia, disebabkan oleh dua hal yaitu hormonal dan lingkungan. Untuk stunting di Desa Hasinggaan lanjut dia, pihaknya fokus kepada sanitasi atau adanya jamban.

"Di sini ada 26 KK (Kepala Keluarga) yang belum punya jamban. 1 KK saja tidak punya maka akan berdampak pada lingkungan, karena pembuangan kotoran tanpa jamban akan menyebar. Jadi dari situ kami arahkan sekali jalan antara stunting dan Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan)," kata Rawati.

Sebelumnya dalam sosialisasi, di hadapan warga yang berasal dari kaum ibu, Rawati menyebut kasus stunting berkaitan dengan BABS yang bisa mengganggu dan menghambat pertumbuhan anak. "Maka perilaku hidup sehat harus diterapkan," kata Kapus.

"Kami ada membawa 10 unit closet jongkok untuk pembuatan sekarang, untuk langsung diserahkan kepada masyarakat di sini," lanjutnya lagi.

Kalau sudah menerapkan perilaku hidup sehat, dikatakan drg Rawati, angka stunting akan ditekan. "Karena pemerintah sudah melakukan program pemberian gizi tambahan setiap bulannya kepada warga sasaran," beber dia.

Salah seorang warga Ibu Lumban Raja mengaku senang akan adanya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini. Pembukaan jalan sepanjang 1,2 dan kegiatan non fisik yang dikerjakan TNI menurut Ibu ini sangat membantu karena memperlancar aktivitas warga.

"Apalagi nanti kalau, sudah selesai, akses jalan bisa menjadi 2 alternatif. Jadi lebih gampang, ngga terisolir lagi," ujarnya. 

Terlihat beberapa anggota Satgas TMMD di lokasi diantaranya, Lettu Inf. Julianto, Pasiter Letda Inf. Rizal Napitulu dan Babinsa Elia Sardes Baringin.(ril).
×
Berita Terbaru Update