-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Bupati Samosir Rapat Kerja Bersama Kepala Desa dan Lurah

Jumat, 16 September 2022 | 08.32 WIB Last Updated 2022-09-16T10:33:18Z
Bupati Samosir memimpin rapat kerja bersama lurah dan kepala desa.
Samosir(DN)
Bupati Samosir Vandiko T Gultom gelar rapat kerja bersama lurah/kepala desa se-Kecamatan Nainggolan dan Palipi yang digelar di Aula Kantor Bupati Samosir, Kamis (15/09).

Turut mendampingi, Sekda Hotraja Sitanggang, Asisten I Tunggul Sinaga, Inspektur Daerah Marudut Tua Sitinjak, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian DR. Tumiur Gultom, Kepala Dinas Sosial dan Pemdes Fitri Agus Karo-karo, Tim Bupati Percepatan Pembangunan Raun Sitanggang, Camat Palipi, Camat Palipi Ronal Martohap Sinaga dan Camat Nainggolan Tino Luhut Uli Nainggolan. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Hotraja dalam sambutannya mengatakan topik dalam rapat kerja, terkait 10 Program Unggulan Pembangunan Daerah Kabupaten Samosir.

"Potensi-potensi yang bisa dimanfaatkan dilingkungan kita untuk pembuatan pupuk organik, informasi-informasi harus disampaikan kepada pimpinan, harus melayani masyarakat dengan mempercepat pengurusan dokumen-domumen kependudukan," ujarnya.

Sambungnya, kepala desa harus menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat. Pengoptimalan alat berat harus disepakati bagaimana SOP alat berat untuk beroperasi dan kendala di masyarakat.

Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko Gultom menyampaikan program-program Pemerintah Kabupaten Samosir agar betul-betul dilaksanakan di lapangan, terkait program sirtunisasi supaya kepala desa mendata sebanyak mungkin terhadap masyarakat yang akan dibuka jalan untuk pertanian.

Menurutnya, program sirtunisasi ini langsung menyentuh masyarakat dan Pemkab Samosir bertekad agar seluruh jalan di desa terakses terutama sentra-sentra pertanian.

Sehingga ia meminta kepala desa mensosialisasikan kepada masyarakat agar jalan dapat dibuka, supaya masyarakat terbantu.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Vandiko juga menginstruksikan kepada Dinas Pertanian untuk menggalakkan program pembuatan pupuk orgaik dan agar kepala desa betul-betul mendukung di daerah masing-masing.

"Di beberapa desa telah dilaksanakan dan menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan pupuk kimia. Diharapkan desa dapat membuat pupuk organik untuk dibagikan ke masyarakat dan didampingi dinas pertanian," tutur Vandiko.

Terakhir, Bupati Samosir meminta kepada kepala desa agar terhindar dari kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum, mengharapkan inspektorat Kabupaten Samosir mendampingi kepala desa dalam penyerapan anggaran desa dan diharapkan penyerapan anggaran agar cepat dilaksanakan untuk kesejahteraan masyarakat.(ril).
×
Berita Terbaru Update