-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Puncak Harkopnas ke-75 di Bali Bakal Dihadiri Presiden Jokowi dan 6000 Peserta

Kamis, 14 Juli 2022 | 10.25 WIB Last Updated 2022-07-14T06:26:07Z
Rangkaian kegiatan Harkopnas ke-75 di Bali. (Foto: Dok Dekopin)
Bali(DN)
Sebanyak 6.000 peserta akan menghadiri puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di Bali. Dalam peringatan Harkopnas ke-75 ini akan turut dihadiri oleh Presiden RI Jokowi di Prime Hotel Plaza, Sanur, Kota Denpasar pada 14 Juli 2022.

Sekretaris Jenderal Dewan Koperasi Indonesia (Sekjen Dekopin), Sarjono Amsan mengatakan kegiatan ini mendapatkan antusias tinggi dari para peserta. Lokasi di Bali yang bisa dijangkau, menjadi daya tarik tersendiri. 

"Kami perkirakan ada sekitar 150 bus yang akan masuk Bali menjelang acara puncak," ujar Sarjono.

Ia mengatakan masing-masing Dekopin Daerah Kabupaten/Kota kalau satu bus saja dari seluruh propinsi di Jawa, ditambah dua propinsi Lampung dan Sumsel sudah mencapai 150 Kabupaten/Kota.

"Belum lagi sejumlah koperasi dari seluruh Indonesia yang akan mengikuti Wisata Hari Koperasi ke-75 ini," imbuh Sarjono.

Pesona Bali dan kejenuhan masyarakat yang segera ingin berlibur setelah "istirahat" karena pendemi Covid-19, membuat Hari Koperasi ke-75 ini menarik minat masyarakat, khususnya gerakan koperasi sangat antusias untuk hadir.

Apalagi ditambah dengan paket wisata yang ditawarkan oleh Koperasi Wisata di Bali cukup murah dan terjangkau untuk gerakan koperasi.

Penyelenggaraan Puncak Hari Koperasi ini didukung penuh oleh Gubernur Bali, Wayan Koster.

"Gubernur Bali telah mengeluarkan rekomendasi dukungan sepenuhnya atas pelaksanaan Acara Puncak Hari Koperasi ke-75," kata Kepala Dinas Koperasi UMKM Propinsi Bali, I Wayan Ekadina.

Selain dari Gubernur, Ketua Panitia Harkopnas ke-75, Dayan IP Raranta menyampaikan bahwa Walikota Denpasar juga turut mendukung penuh terselenggaranya kegiatan ini.

Rangkaian acara puncak Hari Koperasi di Bali, rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI yang dipusatkan di Prime Hotel Plaza, Sanur, Kota Denpasar pada 14 Juli 2022 mendatang.

Harkopnas ke-75 akan berlangsung selama 4 hari, dari mulai 14-17 Juli 2022 mendatang.

Tiga tema besar dipilih dalam Harkopnas ke-75 diantaranya ketahanan pangan, energi baru dan terbarukan, dan ketiga peran serta perempuan pada Koperasi.

Ketiga tema tersebut akan dibahas lebih lanjut pada acara seminar yang diadakan pada rangkaian kegiatan Harkopnas ke-75 selama empat hari di Bali.

Selain itu, akan diselenggarakan Expo Koperasi dan UMKM yang akan menyertakan UMKM dari seluruh Indonesia.

"Expo ini akan dijadikan ajang kurasi produk koperasi dan UMKM yang nanti akan ditampilkan pada rangkaian acara G-20 nanti," kata Dayan.

Puncak acara juga akan dimeriahkan dengan kompetisi e-sport yang mulai dari semi final akan diadakan di Prime Plaza Hotel Sanur.

Kompetisi ini akan menarik minat anak-anak muda untuk meramaikan acara ini karena kompetisi ini juga memperebutkan hadiah.

Sebagai bagian dari rangkaian acara, akan dilaksanakan pencanangan penanaman sejuta mangrove yang akan menghadirkan Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Ketua Umum Dekopin.

"Kebetulan ketiganya adalah tokoh perempuan sehingga akan menonjolkan aspek peran perempuan dalam pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. Jadi aspek partisipasi perempuan dan lingkungan yang sejalan dengan tema G20 nanti," jelas Dayan.

Jadi, perayaan Puncak Hari Koperasi ke-75 ini merupakan bagian dari peran gerakan koperasi untuk mensukseskan G20.

Selain Bapak Presiden Jokowi, pihaknya juga mengundang sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju untuk hadir dalam Harkopnas ke-75 namun siapa saja yang akan menghadiri panitia belum mendapatkan informasi lebih lanjut. (Times Indonesia).
×
Berita Terbaru Update