-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Hadiri Pelantikan Pengurus Cabang PPTSB, Bupati Samosir Ajak Bersama Jaga Peradaban Batak

Sabtu, 30 April 2022 | 15.12 WIB Last Updated 2022-04-30T09:04:44Z
Pelantikan pengurus cabang PPTSB Wilayah I Samosir.
Samosir(DN)
Bupati Samosir Vandiko T. Gultom dan Wabup Martua Sitanggang didampingi pimpinan OPD menghadiri dan menyaksikan pelantikan pengurus cabang PPTSB Wilayah I Samosir di Komplek Tugu Toga Sinaga, Sabtu, 30/04.

Bupati Samosir, Vandiko Gultom yang didaulat memberikan sambutan, menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus cabang terpilih. 

Sebagai titik awal peradaban suku Batak, Bupati Samosir mengatakan kumpulan marga-marga menjadi kekuatan yang sesungguhnya, wadah implementasi dan ekspresi kekayaan budaya.

"Dalam mendukung pariwisata Samosir, diaspora persatuan marga kini menjadi target potensial dan segmen pasar dalam peningkatan lamanya wisatawan tinggal di Samosir," ujarnya.

Untuk itu, Bupati Samosir berpesan agar pengurus PPTSB yang baru dilantik untuk merangkul, menampung dan menyalurkan aspirasi, melestarikan nilai sosial budaya, memelihara ketentraman dan ketertiban serta membina hubungan kemitraan dengan Pemerintah mulai dari desa sampai Kabupaten dan lembaga lainnya.

"Mari kita jadikan keberagaman marga di Samosir untuk menjaga dan melestarikan budaya batak. Dengan filosofi Dalihan Natolu yang menjadi akar budaya dan adat, kita bangun bersama kejayaaan dan peradaban Batak yang mulai luntur dan tergerus," kata Bupati Samosir Vandiko T. Gultom.

Ketua Umum PPTSB se-dunia Mangihut Sinaga, menyampaikan PPTSB harus menjadi organisasi yang sudah modern. Selain mengurusi adat dan budaya, membuka diri menjadi PPTSB yang modern yang melakukan kegiatan lain, mampu membangun anggota dan kerjasama dengan pemerintah. Memberikan masukan dan solusi demi pembangunan di Kabupaten Samosir.

Sebagai organisasi kemasyarakatan marga, Ketum berharap, PPTSB tidak beralih ke kepentingan politik.

"Marga Sinaga hadir dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan sesama anggota, peningkatan silaturahmi yang solid dan kokoh, saling mengenal, membantu dan mempersatukan dari Sabang sampai Merauke," tuturnya.

Pengurus PPTSB Wilayah I Samosir dibagi dalam 3 cabang dengan masa bakti tahun 2022-2026 yaitu Cabang 1, Kecamatan Palipi, Nainggolan dan Onan Runggu, yang diketuai oleh Parluhutan Sinaga.

Cabang 2, Kecamatan Pangururan, Ronggur Nihuta dan Simanindo, yang diketuai Sudiman Sinaga. Cabang 3 Kecamatan Sianjur Mulamula, Harian dan Sitiotio, dipimpin oleh Pantas Marroha Sinaga.(ril).
×
Berita Terbaru Update