-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Vaksinasi Booster Mulai Dilaksanakan di Kabupaten Samosir

Kamis, 20 Januari 2022 | 17.44 WIB Last Updated 2022-01-20T11:05:02Z
Plt Kadis Kominfo Samosir Ricky Rumapea divaksin Booster.
Samosir(DN)
Vaksinasi lanjutan atau Booster mulai dilaksanakan di Kabupaten Samosir. Pelaksanaan ini ditandai dengan launching yang dipimpin Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang MM bersama Forkopimda di Aula Kantor Bupati, Kamis, 20 Januari 2022.

Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang MM menyampaikan Vaksinasi Booster ini adalah Vaksinasi Covid-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.

"Vaksinasi booster diselenggarakan pemerintah dengan sasaran masyarakat usia 18 tahun keatas dengan prioritas kelompok lansia dan penderita imunokompromais," ujar Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM.

Disampaikan, bahwa total keseluruhan vaksinasi dosis pertama telah mencapai 112.152 suntikan atau sekitar 109,6% dan untuk dosis kedua sudah mencapai 88. 985 suntikan atau sekitar 89,96% sedangkan untuk dosis ketiga sudah mencapai 843 suntikan atau 0,82% yang dilaksanakan kepada petugas kesehatan.

Dengan capaian tersebut Kabupaten Samosir wajib melaksanakan vaksinasi booster guna menciptakan Herd Population, terutama untuk menghadapi lonjakan kasus virus omicron.

"Pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri dalam mensukseskan pelaksanaan vaksinasi bagi 102.328 sasaran vaksinasi penduduk Samosir. Saya ingin kolaborasi lintas sektor diperkuat agar cakupan vaksinasi Covid-19 bisa merata diseluruh wilayah Samosir, supaya semakin banyak masyarakat yang terlindungi dan pandemi segera berakhir,” tegas Wabup.
Wabup Samosir launching Vaksinasi Booster.
Sementara itu, Plt. Kadis Kesehatan Dr. Subarta Sagala menyampaikan bahwa vaksinasi bertujuan untuk mengurangi angka kematian dan kesakitan, serta mencegah transmisi atau penularan Covid-19 dan membuat kekebalan tubuh ataupun herd imunity.

Dijelaskan, secara umum masyarakat Kabupaten Samosir sudah tanggap serta turut mengikuti program pemerintah sebab angka kematian penyebab pandemi Covid-19 sudah menurun secara drastis setelah pelaksanaan vaksinasi.

"Oleh karena itu diharapkan kerjasama dalam mensukseskan pelaksanaan vaksinasi, karena tanpa kerjasama dari semua pihak pekerjaan ini tidak akan terlaksana dengan baik," tuturnya.

Untuk Kabupaten Samosir, capaian vaksinasi dosis pertama per tanggal 19 Januari 2022 di angka 109,6%, sedangkan untuk dosis kedua berada di angka 89,96% dan dosis ketiga yang sudah berlangsung untuk tenaga kesehatan dan sedang berjalan berada di angka 0,82% persen.

“Dari juknis pelaksanaan sesuai dengan surat edaran Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit bahwa kabupaten dan kota yang melaksanakan vaksinasi booster untuk capaian vaksinasi dosis pertama di atas 70 persen, dan capaian vaksinasi dosis pertama lansia di atas 60 persen sudah dapat melaksanakan vaksin booster untuk lansia dan non lansia," terangnya.

Mewakili Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon mengapresiasi kinerja tim vaksinasi dari Pemerintah Kabupaten Samosir, Polres dan TNI yang tetap semangat dalam melakukan vaksinasi hingga ke desa-desa.

"Harapan kami dikemudian hari mari kita saling bahu membahu dalam menuntaskan pandemi covid-19 ini, sesuai dengan visi-misi Presiden RI dalam pelaksanaan vaksinasi secara cepat tuntas. Agar masyarakat sehat dan selamat dari penyebaran virus Covid-19 serta siap dalam mengantisipasi lonjakan kasus baru virus omicron," tutupnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update