-->

Notification

×

iklan

Iklan

FB-IMG-16165485030001093

Huta Tinggi Menang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Rabu, 08 Desember 2021 | 22.32 WIB Last Updated 2021-12-27T15:33:57Z
Huta Tinggi menang anugerah desa wisata Indonesia.
Samosir(DN)
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mengumumkan pemenang semua kategori dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, di Ciputra Artpreneur Theater Kuningan, Jakarta, Selasa (07/12/2021) malam.

Desa wisata dari Provinsi Sumatera Utara, yakni Desa Huta Tinggi, Kecamatan Pangururan, Samosir, dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik V untuk Kategori Konten Kreatif. Desa Tipang, Kecamatan Baktiraja, Humbang Hasundutan, meraih Desa Wisata Terbaik IV Kategori Rintisan.

"Huta Tinggi masuk 5 besar Desa Wisata Terbaik Kategori Konten Kreatif," ujar Kepala Dinas Pariwisata Samosir, Dumosch Pandiangan, lewat saluran telepon seluler, Rabu (08/12/2021).

Dumosch Pandiangan dan Pengelola Desa Wisata Huta Tinggi, Tetti Naibaho, hadir langsung mewakili Bupati Samosir, Vandiko Timoteus Gultom, menerima penghargaan ADWI 2021 itu.

"Pak Bupati Vandiko sangat mengapresiasi ADWI 2021 untuk Huta Tinggi. Prestasi ini menurut beliau bentuk pengakuan atas kerjasama semua pihak, terutama atas konsistensi dari kelompok sadar wisata Huta Tinggi," ujar Dumosch meneruskan pesan bupati.

ADWI 2021 terdiri dari 7 kategori yang dapat diikuti yaitu CHSE, Desa Digital, Souvenir (kuliner, fesyen, kriya), Daya Tarik Wisata (alam, budaya, buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet.

Selain 7 kategori tersebut, ada 3 kategori lainnya yang melombakan desa-desa dalam kelas rintisan, berkembang, dan maju. Desa Tipang meraih Desa Wisata Terbaik IV Kategori Rintisan.

Masing-masing desa wisata terbaik di semua kategori mendapatkan tropi, piagam dan sejumlah uang pembinaan dalam jumlah yang berbeda-beda, dari Kemenparekraf.

Sebelumnya Desa Wisata Huta Tinggi dan Desa Wisata Tipang, masuk dalam 50 besar nominasi ADWI 2021. Kedua desa wisata itu juga telah dikunjungi Menparekraf, Sandaiaga Uno pada 9 November 2021.

Desa Wisata Terbaik Kategori Konten Kreatif:

I. Desa Wisata Carangsari, Badung, Bali.
II. Desa Wisata Gegesik Kulon, Cirebon, Jawa Barat.
III. Desa Wisata Lembang Nonongan, Toraja Utara, Sulawesi Selatan.
IV. Desa Wisata Kampung Yoboi Jayapura, Papua.
V. Desa Wisata Huta Tinggi, Samosir, Sumatera Utara.

Desa Wisata Terbaik ADWI 2021 kategori Rintisan:
I. Desa Wisata Kampung Blekok, Situbondo, Jawa Timur.
II. Desa Wisata Pandanrejo, Purworejo, Jawa Tengah.
III. Desa Wisata Rigis Jaya, Lampung Barat, Lampung
IV. Desa Wisata Tipang, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara
V. Desa Wisata Cikolelet, Serang, Banten.(SBS).
×
Berita Terbaru Update