-->

Notification

×

iklan

Iklan

FB-IMG-16165485030001093

Dramatis, Akhirnya Untuk Keenam Kalinya Timnas Indonesia ke Final Piala AFF

Sabtu, 25 Desember 2021 | 22.20 WIB Last Updated 2021-12-25T15:56:22Z
Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2020.(Liputan Timnas).
Singapura(DN)
Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2021 (2020) setelah menang dramatis 4-2 atas Singapura pada leg kedua semifinal di Stadion Nasional, Sabtu (25/12) malam.

Skuad Shin Tae-yong tersebut harus berjuang sampai babak perpanjangan waktu untuk menumbangkan Singapura yang bermain dengan delapan pemain.

Kemenangan ini, mengantarkan timnas Indonesia untuk keenam kalinya melaju ke final Piala AFF atau Piala Tiger setelah edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Pada lima kesempatan sebelumnya, timnas Indonesia selalu gagal membawa pulang gelar juara. Lawan timnas Indonesia di final nanti antara Thailand atau juara bertahan Vietnam.

Jalannya pertandingan
Laga baru berlangsung lima menit para penggawa Garuda langsung merepotkan pertahanan Singapura. Kerja sama Witan Sulaeman dengan Ricky Kambuaya diakhiri dengan tendangan kencang, tetapi membentur bek Singapura.

Berkali-kali menggempur pertahanan Singapura, Indonesia langsung mampu merobek gawang Singapura. Witan Sulaeman, yang kukuh mempertahankan bola, dapat melepaskan operan cantik kepada Ezra Walian. Ezra pun mampu menyodorkan bola ke dalam gawang yang sudah tak terkawal.

Singapura bukan tanpa perlawanan. Mereka juga bermain penuh dengan kengototan untuk menembus pertahanan Garuda. Akan tetapi, serangan mereka selalu kandas sehingga tak mampu melepaskan tendangan mengarah ke gawang.

Selama 25 menit, Skuad Garuda bisa dibilang menguasai hingga setengah lapangan. Akan tetapi, hal itu sempat berbalik hingga ke menit 35.

Singapura kini mulai berani memainkan umpan dari kaki ke kaki. Bahkan, tak jarang pertahanan Indonesia harus berjibaku menutup segala umpan-umpan berbahaya tersebut.

Momen mendebarkan saat di menit 40. Hafiz Nor berhasil melepaskan tendangan melengkung ke gawang Nadeo. Bola berhasil ditepis Nadeo. Setelahnya, hampir terjadi miss komunikasi antara Rachmat Irianto dengan Nadeo. Bola hampir disambar oleh Amy Recha, tetapi beruntung Irianto masih bisa memotongnya kembali.

Laga berlangsung dengan tensi tinggi jelang berakhirnya babak pertama. Sampai akhirnya, Safuwan Baharudin menerima kartu kuning keduanya atau kartu merah di injury time. Singapura mengakhiri babak pertama dengan 10 pemain.

Tak diduga, ketika laga ingin berakhir, Singapura justru mencetak gol penyama kedudukan. Berawal dari tendangan bebas, Song Uiyong memanfaatkan bola liar di depan gawang Nadeo. Skor 1-1 jadi akhir babak pertama.

Di babak kedua, timnas Indonesia masih terus mendominasi permainan. Dan di menit ke-67, petaka buat Singapura pun kembali terjadi, kartu merah kedua dihadiahi wasit! itu setelah Irfan Fandi menjatuhkan Irfan Jaya di depan kotak penalti ketika mengejar bola umpan dari Saghara.

Irfan Fandi jadi pemain terakhir yang mengejar Irfan Jaya. Kini, Singapura bermain dengan sembilan orang.

Bermain sembilan orang, Singapura mampu unggul dari Indonesia. Shahdan Sulaiman mencetak gol indah lewat tendangan bebas melengkung dari luar kotak penalti di menit ke-74. Itu setelah Alfeandra Dewangga melanggar Faris Ramli.

Hanya saja, kemenangan Singapura yang di depan mata sirna setelah Pratama Arhan menyamakan skor pada menit ke-87. Pratama Arhan mencetak gol setelah menyambar bola rebound di sisi kanan gawang.

Lima menit kemudian, Pratama Arhan jadi pesakitan setelah melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Faris Ramli yang maju jadi algojo, sepakannya ditepis Nadeo!

Skor sementara 2-2 sampai menit 90+2. Tidak lama laga tuntas, lanjut ke extra time 2x15 menit.

Di babak tambahan, Indonesia langsung menekan. Serangan itu pun membuahkan hasil setelah akselerasi Egy Maulana Vikri menembus pertahanan Singapura.

Egy kemudian melepaskan umpan mendatar ke arah Irfan Jaya, tetapi bisa ditepis kiper Hassa Sunny. Bola liar yang hendak dibuang Shawal Anuar justru masuk ke gawang sendiri. Gol bunuh diri Shawal membawa Indonesia berbalik unggul 3-2 pada menit ke-91.

Kiper Hassan Sunny kembali melakukan penyelamatan gemilang setelah memblok sontekan Evan Dimas di depan gawang pada menit ke-97.

Hassan Sunny lagi-lagi membuang peluang gol Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, Hassan menepis tendangan Irfan Jaya dan Pratama Arhan guna menyelamatkan gawang Singapura dari kebobolan banyak gol.

Hassan Sunny yang sejak awal babak tambahan tampil apik melakukan blunder pada menit ke-105+1. Hassan gagal menangkap bola sepak pojok Evan Dimas dengan baik. Bola liar yang bergulir disontek Egy Maulana Vikri menjadi gol.

Percobaan gol kembali dilakukan Irfan Jaya pada menit ke-112, namun lagi-lagi Hassan Sunny menyelamatkan gawang Singapura.

Aksi-aksi gemilang Hassan Sunny sepanjang pertandingan ternoda setelah kiper 37 tahun itu menjegal Irfan Jaya di luar kotak penalti. Singapura bermain dengan delapan orang setelah pertandingan tersisa satu menit.

Setelah kehabisan pemain pengganti, striker Ikhsan Fandi menjadi pengganti Hassan Sunny yang dikartu merah. Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Indonesia menang dramatis 4-2 atas Singapura.

Empat gol kemenangan timnas Indonesia tercatat atas nama Ezra Walian (11'), Pratama Arhan (87'), bunuh diri Shawal Anuar (91'), dan Egy Maulana Vikri (107').

Adapun dua gol balasan timnas Singapura dicetak oleh Song Ui-young (49') dan Shahdan Sulaiman (74').

Kemenangan 4-2 membuat timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 dengan keunggulan agregat 5-3 atas Singapura.

Susunan Pemain Indonesia vs Singapura:
Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Anfeandra Dewangga, Ramai Rumakiek; Ezra Walian

Singapura: Hassan Sunny; Hariss, Safuwan Baharudin, Zulqarnaen, Shahdan, Hami, Nur Adam, Song, Hafiz, Amy.(red).
×
Berita Terbaru Update