-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Sebulan, Polres Samosir Berhasil Ungkap Berbagai Kasus di Wilayah Hukumnya

Sabtu, 06 November 2021 | 19.44 WIB Last Updated 2021-11-07T06:05:32Z
Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH memimpin konferensi pers pengungkapan sejumlah kasus.
Samosir(DN)
Untuk kesekian kalinya, Kepolisian Resor (Polres) Samosir yang dipimpin langsung Kapolres AKBP Josua Tampubolon SH MH, kembali menggelar press release pengungkapan sejumlah kasus pada bulan Oktober sampai awal November 2021, Sabtu (6/11/21), di Halaman Mapolres Samosir.

Adapun kasus yang diungkap Polres Samosir yakni dua kasus pembunuhan, satu kasus pembakaran dan pencobaan pembunuhan, dua kasus perjudian dan empat kasus Narkoba.

Pertama sekali, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon menjelaskan pengungkapan kasus pembunuhan di Desa Sihusapi dengan pelaku atas nama Budianto Situmorang alias BS, 41 terhadap ayah kandungnya sendiri Sampe Raja Situmorang.

“Pelaku memukul korban menggunakan kayu broti, selanjutnya membacok korban menggunakan parang babat. Kemudian ayahnya dibawa ke halaman rumahnya dan lalu mengambil kapak untuk memenggal kepalanya,” ungkap Josua.

Kemudian pelaku melakukan penganiayaan kepada ibunya Kostaria Simarmata dengan menggunakan broti di kepala korban.

Dijelaskan Kapolres bahwa tersangka ada kejanggalan. “Menurut hasil observasi bahwa tersangka mengalami gangguan jiwa atau ODGJ,” katanya.

Dijelaskan bahwa motif pembunuhan karena BS tersinggung. Dia menginginkan rumah yang saat ini tempat tinggal orangtuanya.

Kemudian Kapolres Samosir juga menjelaskan pengungkapan kasus atas korban pembunuhan Lamasi boru Sidabutar, 74, seorang janda tua yang dilakukan oleh tersangka AH alias Galung, 34 di Kecamatan Simanindo.

Kapolres menjelaskan motif pembunuhan yang terjadi, menurut pengakuan Galung, karena ada nafsu birahi tiba tiba, akibat minum tuak.

“Sikorban menjerit, lalu karena panik sipelaku membekap mulut korban. Karena sikorban melakukan perlawanan, sehingga sipelaku mencekik leher korban,” katanya.

Selain kasus pembunuhan, Kapolres juga menjelaskan tentang keberhasilan Polres Samosir atas pengungkapan empat kasus narkoba yakni kasus Narkotika jenis Ganja yang dilakukan BN dengan barang bukti sebanyak 81 bungkus, di jalan Tele-Pangururan Desa Tanjung Bunga.

Kemudian Narkotika jenis Sabu oleh FWM alias Anju, di Jalan Lintas Simanindo, Desa Simanindo, dengan barang bukti sebanyak 0,42 gram. Disusul dengan penangkapan PH sebagai tersangka kedua.
Tokoh masyarakat dan agama mengapresiasi kinerja Polres Samosir.
Setelah itu Kapolres juga menjelaskan tentang pengungkapan Narkotika jenis Sabu yang dilakukan oleh MS di Dusun l Desa Huta Ginjang Kecamatan Simanindo dengan barang bukti sebanyak 3,8 gram.

Kemudian pengungkapan kasus Narkotika jenis Sabu yang dilakukan oleh AS di Jalan Lintas Tomok, Kecamatan Simanindo dengan barang bukti sebanyak 0,54 gram.

Dari keempat Kasus Narkoba tersebut, menurut Kapolres bahwa barang bukti berasal dari luar Kabupaten Samosir.

“Kita bersyukur berhasil melakukan penangkapan kasus narkoba ini, kalau tidak ditangkap, mungkin banyak anak muda yang jadi korban,” ungkapnya.

Selanjutnya Kapolres Samosir juga menjelaskan keberhasilan atas pengungkapan dua kasus perjudian jenis Togel di Samosir. “Sampai saat ini kita masih serius melakukan penangkapan terhadap kasus perjudian,” katanya.

Kemudian pengungkapan kasus pembakaran yang terjadi di Sosor Buntu Desa Onanrunggu, Kecamatan Onan Runggu oleh tersangka GH. atas nama korban Hasonangan Gultom dan Rio Ferdinan Gultom.

“Tersangka melakukan pembakaran terhadap pohon aren pada saat si korban berada di atas pohon aren. Tersangka menggunakan helm pada saat melakukan pembakaran,” kata Kapolres.

Di Satuan Lalu lintas, Polres Samosir juga tetap berkomitmen melakukan penertiban di Wilayah Polres Samosir. “Kami juga dari Satlantas tetap konsekuen, seperti keinginan masyarakat, bahwa kita menertibkan knalpot blong,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga memberitahukan bahwa capaian hasil vaksinasi di Kabupaten Samosir saat ini tertinggi di Sumatera utara, mencapai 92 persen dan menduduki peringkat pertama.

Selain para Jurnalis dan jajaran Polres Samosir, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat juga turut hadir dalam acara tersebut.

Atas capaian itu, Ketua Forum Komunikasi Tokoh Masyarakat Samosir (FKTM) Obin Naibaho menyampaikan apresiasi terhadap Jajaran Polres Samosir.(red).
×
Berita Terbaru Update