-->

Notification

×

iklan

Iklan

FB-IMG-16165485030001093

Portugal Gagal Lolos Langsung ke Piala Dunia 2022

Senin, 15 November 2021 | 07.55 WIB Last Updated 2021-11-15T05:56:32Z
Ronaldo menangis saat Timnas Portugal gagal lolos langsung ke Piala Dunia
Sumber :
  • MARIO CRUZEFE
Lisbon(DN)
Portugal gagal lolos langsung ke Piala Dunia 2022, setelah dikalahkan Serbia 1-2. Di babak kualifikasi ini, Serbia memang melaju kencang bagai kuda hitam!

Pada pertandingan pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Grup A yang digelar di Estadio da Luz, Senin (15/11/2021) dini hari WIB, Portugal sebenarnya cuma butuh hasil imbang kala menghadapi Serbia.

Tuan rumah malah unggul cepat di menit kedua lewat Renato Sanches. Namun, Serbia tidak menyerah. Serbia menyamakan skor di menit ke-33 lewat Dusan Tadic.

Petaka di menit akhir, Serbia mengunci kemenangan lewat gol Aleksandar Mitrovic! Serbia pun lolos langsung ke Qatar tahun depan sebagai juara grup dengan 20 poin, unggul tiga poin dari Portugal di posisi kedua.

Sedangkan Portugal, harus tampil di fase play-off untuk merebut tiket lolos ke Piala Dunia 2022.

Serbia memang jadi kuda hitam di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Di Grup A, Serbia segrup dengan Portugal, Irlandia, Luksemburg, dan Azerbaijan.

Portugal dan Irlandia, dijagokan akan mengisi daftar puncak grup. Namun siapa sangka, Serbia mampu melaju kencang!

Dari delapan laga, Serbia malah belum terkalahkan dengan catatan enam kali menang dan dua kali seri, Produktivitas golnya juga menawan, dengan 18 gol yang lebih banyak satu gol dari Portugal.

9 Negara Lolos ke Piala Dunia
Kualifikasi Piala Dunia 2022 masih terus berlangsung. Ada sembilan dari 32 negara yang sudah dipastikan bakal tampil di Piala Dunia, termasuk tuan rumah Qatar.

Yakni:
1. Qatar (tuan rumah)
2. Brasil (CONMEBOL)
3, Denmark (UEFA)
4. Jerman (UEFA)
5. Prancis (UEFA)
6. Belgia (UEFA)
7. Kroasia (UEFA)
8. Spanyol (UEFA)
9. Serbia (UEFA).

Ada 13 slot yang diberikan untuk tim-tim dari zona Eropa. 10 slot didapatkan dengan juara kualifikasi, 3 slot berikutnya diperebutkan dalam babak play-off.

Play Off
Babak play-off akan dimainkan pada 24-29 Maret 2022 mendatang. Ke-10 runner-up setiap grup kualifikasi ditambah dengan dua juara grup terbaik UEFA Nations League. Total ada 12 tim yang bersaing.

12 tim tersebut akan dibagi dalam tiga jalur play-off untuk merebutkan tiga tiket untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2021/22.

Sejumlah lawan berat kemungkinan besar bakal dihadapi anak-anak asuh Fernando Santos dalam play-off Piala Dunia kali ini. Mereka harus berjuang sekuat tenaga.

Selain Portugal, ada juga Skotlandia, Rusia, Swedia, dan Austria yang telah dipastikan gagal lolos otomatis. Republik Ceko dan Wales juga mendapat kesempatan kedua berkat capaian di ajang UEFA Nations League.

Swiss, Italia, Finladia, Ukraina, Turki, Norwwgia, Belanda, Polandia, Inggris, Makedonia Utara, dan Romania juga masih berpeluang untk masuk play-off. Mereka akan mendapat kepastian setelah menjalani laga terakhir di grup masing-masing.

Pada 26 November mendatang, pengundian 12 negara untuk menentukan lawan di play-off akan dilakukan dengan format berbeda dari sebelumnya. Mereka akan dibagi dalam tiga grup berisi empat tim untuk memperebutkan tiga tiket tersisa di Qatar.

Setiap grup nantinya akan beragendakan semifinal dua leg dan final tunggal. Tuan rumah semifinal akan ditentukan dari peringkat negara selama kualifikasi sementara untuk partai puncak akan melalui pengundian.(red/dtc/Viva).
×
Berita Terbaru Update