-->

Notification

×

iklan

Iklan

FB-IMG-16165485030001093

Berkedok Pinjaman Online, Waspada Modus Penipuan Mengatasnamakan KMM

Jumat, 29 Oktober 2021 | 10.17 WIB Last Updated 2021-10-29T05:28:32Z
Waspada penipuan mengatasnamakan KMM.
Samosir(DN)
Akhir-akhir ini, tindak kejahatan dan penipuan mengatasnamakan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri dengan memanfaatkan media sosial, kembali marak terjadi.

Dalam hal ini, yang dirugikan tidak hanya masyarakat yang menjadi korban namun KMM yang digunakan sebagai modus penipuan tersebut juga turut dirugikan karena akan berdampak rusaknya nama baik koperasi yang berkantor pusat di Bekasi itu.

Mengantisipasi hal tersebut, Koperasi Makmur Mandiri yang familiar disingkat KMM tengah melakukan respons aktif terhadap aksi penipuan yang mengatasnamakan KMM.
Ksp Makmur Mandiri.
Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM menyampaikan penipuan memanfaatkan kemajuan teknologi kembali dialami Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri.

Ada oknum-oknum yang sengaja mengatasnamakan KMM untuk menipu masyarakat dengan menawarkan pinjaman online di akun media sosial Facebook.

Dijelaskan Tumbur, oknum yang bersangkutan menggunakan media sosial Facebook sebagai cara memperkenalkan KSP Makmur Mandiri kepada masyarakat, memasang iklan melalui Facebook dengan mencantumkan nama dan nomor hp/oknum tersebut agar mudah dihubungi dan sebagai media komunikasi dalam menawarkan pinjaman.

"Modusnya menawarkan pinjaman online mengatasnamakan KMM. Tak hanya itu, untuk memperoleh pinjaman, oknum tersebut menyuruh calon peminjam terlebih dahulu mentransfer biaya administrasi sebesar ratusan bahkan jutaan rupiah," sebut Drs Tumbur Naibaho MM, Jumat, 29 Oktober 2021.
KMM koperasi skala besar dan berprestasi tingkat nasional.
Atas hal ini, Putra 12 Bersaudara itu menegaskan bahwa Koperasi Makmur Mandiri sebagai salah satu koperasi besar di Indonesia, sejak berdiri sampai saat ini tidak melayani pinjaman online.

"Karena banyaknya penipuan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dengan menawarkan pinjaman online mengatasnamakan KMM, kami menghimbau agar masyarakat maupun anggota KMM lebih hati-hati dan tidak mudah tergiur," ujar tokoh koperasi Indonesia yang meraih penghargaan dari pemerintah pada 2019 lalu.

Bagi masyarakat yang ingin menabung dan atau meminjam dana di KSP Makmur Mandiri, boleh bergabung menjadi anggota dengan mendatangi salah satu dari 170 kantor cabang KMM yang tersebar di 23 Propinsi, yang terdekat dengan kediaman calon anggota. Atau bisa via website di www.koperasimakmurmandiri.com
Stop penipuan mengatasnamakan KMM.
Dengan adanya modus tersebut, beberapa waktu lalu pimpinan KSP Makmur Mandiri juga sudah melaporkan hal ini ke Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI dan Kominfo RI untuk ditindak lanjuti.

Karena bila hal ini dibiarkan akan berpotensi merusak kredibilitas, eksistensi dan nama baik Koperasi Makmur Mandiri.

"Jika ada muncul di fb/medsos iklan pinjaman mengatasnamakan KMM dengan alamat beda dengan 170 kantor cabang kami serta mencantumkan nomor rekening perorangan, itu adalah penipuan. Untuk itu, kami mengimbau masyarakat agar hati hati jangan sampai ada keluarga dan masyarakat yang tertipu," tegasnya lagi.(SBS).
×
Berita Terbaru Update