-->

Notification

×

iklan

Iklan

Simpan di Koperasi Makmur Mandiri. Why Not?

Sabtu, 26 Juni 2021 | 12.12 WIB Last Updated 2021-06-26T05:33:45Z
KMM merupakan jajaran 100 koperasi besar di Indonesia.
Balige(DN)
Beberapa hari terakhir ini, saya cukup kaget. Dalam waktu yang bersamaan, beberapa kenalan tiba-tiba bertanya tentang Koperasi Makmur Mandiri. Kebanyakan bertanya mengenai legalitas, keamanan berinvestasi (simpanan), dan bidang usahanya.

Bahkan kebanyakan yang bertanya adalah rekan-rekan yang sudah bergabung menjadi Anggota Koperasi Makmur Mandiri.

Well, sepertinya saya harus kembali menjelaskan apa itu Koperasi Makmur Mandiri. Semoga bisa menjawab pertanyaan rekan-rekan yang masih penasaran dan terimakasih untuk rekan-rekan yang bertanya.

Dengan mengetahui lebih banyak tentang Koperasi Makmur Mandiri, harapannya membuat kita semakin nyaman bergabung sebagai Anggota Koperasi Makmur Mandiri. "Tak Kenal Maka Tak Sayang." So, ayok kenalan lagi dengan KSP Makmur Mandiri, supaya makin sayang.
Jajaran pengurus, pengawas, penasehat dan korwil KMM.
Apa itu Koperasi Makmur Mandiri?
KSP Makmur Mandiri adalah salah satu Koperasi di Indonesia yang bergerak dalam bidang usaha Simpan Pinjam. Sampai tulisan ini dibuat, KSP Makmur Mandiri memiliki 160 Kantor Cabang yang tersebar di 21 propinsi. Merupakan salah satu Koperasi besar berskala nasional. Berdiri sejak 22 Juni 2009.

Bagaimana Legalitas Makmur Mandiri?
KSP MAKMUR MANDIRI adalah Koperasi yang terdaftar secara Legal di Kementrian Koperasi dan memiliki izin resmi dari Pemerintah untuk melakukan usaha Simpan Pinjam.

KSP Makmur mandiri juga memiliki NIK (Nomor Induk Koperasi) yang menyatakan bahwa koperasi ini aktif secara kelembagaan maupun usaha. Tidak hanya itu, KSP Makmur Mandiri juga memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) yg merupakan identitas pelaku usaha dalam melakukan bidang usahanya.

NO Pict is Hoax? Tenang,, Untuk foto-foto sertifikatnya silahkan kunjungi laman resmi KSP Makmur Mandiri ( www.koperasimakmurmandiri.com )
Rapat anggota tahunan KMM.
Bagaimana keamanan berinvestasi/simpan di KSP Makmur MANDIRI?
Belakangan ini sangat marak terjadi investasi-investasi yang menjanjikan pengembalian jasa yang tinggi dan tidak wajar dalam waktu singkat dengan resiko kecil.

Penawaran-penawaran tersebut sering membuat kita tergiur untuk bergabung. Namun, dalam menempatkan dana, kita perlu berhati-hati. Jangan sampai kita salah menempatkan dana yang kita miliki.

Beberapa sumber yang saya baca, tips untuk melihat investasi yang cukup aman antara lain, memiliki izin resmi, keuntungan yang ditawarkan wajar, memiliki aset yang jelas, transparan dan memiliki rekam jejak yang baik.

Nah, Bagaimana dengan KSP Makmur Mandiri? Saya akan mencoba menjelaskan berdasarkan poin di atas:
1. Mengenai izin resmi, sudah saya jelaskan sebelumnya seperti di atas
2. Keuntungan yang ditawarkan wajar.
Sejumlah penghargaan bergengsi telah diraih KMM.
Untuk mengetahui apakah jasa yang ditawarkan di Koperasi Makmur Mandiri wajar atau tidak, tentu kita harus tahu bagaimana perjalanan  usahanya. Bagaimana Velocity of Money/ perputaran uang yang terjadi dalam usahanya, dan bagaimana penilaian kesehatan terhadap usaha tersebut.

Secara sederhana saya ingin mencoba sedikit menjelaskan; keuntungan yang diperoleh di KSP Makmur Mandiri adalah dari jasa pinjaman yang disalurkan terhadap anggota (SIMPAN PINJAM). Besar jasa pinjaman dan simpanan yang ditawarkan tentu sudah kita ketahui bersama. Silahkan dibandingkan saja.

Apakah ada balas jasa yang berlebihan? Tentu tidak bukan? NPL di Koperasi Makmur Mandiri pun aman. (Setiap bulan kita melakukan evaluasi kinerja).

Selanjutnya, pemerintah juga secara berkala melakukan penilaian terhadap kesehatan usaha Koperasi Makmur Mandiri. Dan Thank God, Untuk tahun 2020 Pemerintah menetapkan Koperasi Makmur Mandiri mendapat Predikat Cukup Sehat dengan Skor 71.00.
Sertifikat penilaian kesehatan oleh Kemenkop dan UKM kepada KMM sebagai bentuk pengawasan.
Untuk sertifikat penilaian kesehatan ini, silahkan dicek di laman resmi Makmur Mandiri
3. Memiliki aset yang jelas. Sampai tulisan ini dibuat, KSP Makmur Mandiri telah memiliki asset Rp. 848 Milyar.

4. Transparan. Setiap tahun, KMM melakukan Rapat Anggota Tahunan. Semua anggota koperasi dapat menyaksikan secara Live di Youtube atau ikut bergabung dengan aplikasi zoom di setiap kantor cabang.

Dalam rapat tersebut, pengawas, engurus, dan pengelola KSP Makmur Mandiri secara transparan menyampaikan pertanggungjawaban kinerjanya masing-masing dan menjelaskan perkembangan usaha KSP Makmur Mandiri.

Dalam praktek di lapangan pun, karyawan Koperasi Makmur Mandiri berusaha menjelaskan informasi mengenai produk usaha dengan jelas, tanpa ada informasi yang dibatasi.

5. Rekam jejak yang baik. Untuk hal ini, saya rasa rekan-rekan bisa melihat bagimana perjalanan usaha KSP Makmur madiri sejak tahun 2009 s.d saat ini. Berbagai media massa atau platform media sosial sering menginfokan informasi tentang koperasi ini.
Jadilah bagian dari KSP Makmur Mandiri.
Penghargaan yang diraih pun sudah banyak, mulai dari penghargaan sebagai koperasi besar berskala nasional, sampai mendapat Rekor MURI. (Untuk lebih lengkap silahkan kunjungi laman resmi KSP Makmur Mandiri).

Nah, dari penjelasan saya di atas, semoga rekan-rekan yang membaca bisa semakin mengenal KSP Makmur Mandiri dan menjawab rasa penasaran yang selama ini disimpan ya. Hehehe. So, jangan takut bergabung di KSP Makmur Mandiri.

(Penulis: Dormian Eva Grasya Simanjuntak,
Manajer Koperasi Makmur Mandiri Cabang Balige).
×
Berita Terbaru Update