-->

Notification

×

iklan

Iklan

12 Tahun KMM Melayani: Sumbagut II Genjot Penyaluran MURI, Bantu Pemulihan Ekonomi

Selasa, 08 Juni 2021 | 11.46 WIB Last Updated 2021-06-08T06:54:37Z
12 tahun KMM Melayani.
Samosir(DN)
Dengan semangat terus melayani anggota, 10 kantor cabang Koperasi Makmur Mandiri (KMM) di Kabupaten Samosir atau yang berada di wilayah Sumbagut II, semakin menunjukkan eksistensinya dalam mensukseskan program KMM tahun 2021.

Pasalnya, memasuki bulan Juni, bulan kelahiran KMM yang berdiri 12 tahun silam, KMM Sumbagut II turut ambil bagian pemulihan ekonomi nasional melalui penyaluran pinjaman MURI KMM dalam membangkitkan usaha produktif anggota yang terhempas Pandemi Covid-19.

Korwil KMM Sumbagut II, Sondang Sinurat melalui staf khusus, Iran Persia Naibaho menyampaikan hingga akhir Mei, 10 kantor cabang di Kabupaten Samosir, mencatatkan kinerja yang terus meningkat dari bulan ke bulan dalam penyaluran pinjaman MURI.

Dikatakan, sesuai monitoring kinerja 10 cabang di Kabupaten Samosir, hingga Mei Sumbagut II telah menyalurkan pinjaman MURI kurang lebih 3,4 miliar rupiah kepada 719 anggota.

"Untuk SHU, hingga Mei Sumbagut II mencatat Rp 599 juta dengan total anggota sebanyak 8.238 orang. Sementara pinjaman non MURI  disalurkan ke 12 anggota sebanyak Rp 105 juta lebih," jelas staf khusus KMM wilayah kerja Sumbagut II, Selasa, 8 Juni 2021.
Kunjungan Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM AAAIJ FSAI beberapa waktu lalu ke kantor cabang KMM Samosir I di Onan Baru Pangururan.
Ditambahkan Koordinator wilayah Sumbagut II KMM, Sondang Sinurat, bersama 10 kantor cabang KMM yang semuanya berada di Kabupaten Samosir, berupaya untuk terus menjaga pertumbuhan usaha di tengah tantangan yang tidak ringan akibat dampak Covid-19.

"Kami berupaya menjaga kepercayaan anggota dengan mengoptimalkan penyaluran pinjaman modal usaha mandiri (MURI) agar semakin memberikan kontribusi signifikan bagi pemulihan ekonomi anggota," ujarnya.

Dalam penyaluran pinjaman MURI, sambung Sondang, pihaknya tetap fokus untuk kelompok mikro kecil. Ini disertai dengan jangka waktu angsuran yang pendek rata-rata dibawah 24 bulan.

“Kami tetap fokus membiayai usaha anggota di usaha mikro kecil dengan suku bunga yang kompetitif. Dimana dalam rangka menyambut HUT ke-12 KMM, suku bunga hanya dipatok 1,2% turun dari sebelumnya 1,8% perbulan,” ungkap Sondang.

Menurut Sondang Sinurat, guna memaksimalkan kinerja, Korwil Sumut II senantiasa melakukan pendekatan intensif dengan anggota untuk memetakan kebutuhan anggota dan memasarkan produk secara lebih kreatif. Juga melakukan kunjungan ke kantor cabang di wilayahnya minimal satu kali perbulan.
Kebersamaan pengurus KMM Sumbagut II.
"Hal ini diharapkan dapat membangun kekompakan dan menyamakan visi di tim untuk mencapai target dan mendongkrak produktivitas," pungkasnya.

Selama ini KMM merupakan salah satu koperasi terpercaya di Indonesia. Ini dibuktikan dengan menerima dana bergulir dari LPDB-KUMKM sebesar Rp 150 Miliar pada tahun 2020 lalu. Dan tahun 2021 ini akan dicairkan Rp 50 Miliar.

Seremoni penyerahan dana bergulir tersebut dilakukan tahun lalu di Istana Negara dan disaksikan oleh Presiden RI, Joko Widodo. Dana bergulir sebesar Rp150 miliar itu, telah digunakan KMM untuk membantu usaha anggota yang terdampak Covid-19.
Pinjaman MURI KMM.
Sementara itu, Ketua KMM, Drs Tumbur Naibaho MM AAAIJ FSAI menyampaikan melalui penyaluran pembiayaan itu, diyakini usaha anggota akan cepat pulih dan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

"Dana dari LPDB KUMKM ini digunakan khusus untuk membantu modal kerja para anggota. Harapannya, di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, usaha anggota dapat cepat bangkit kembali," ujar Suami Jusniar Simbolon itu.

Penyaluran kredit yang dilakukan KMM disertai dengan prinsip kehati-hatian sebagai bagian dari mitigasi risiko kredit. Sampai saat ini angka pinjaman bermasalah (non performing loan/NPL) KMM berada di bawah 1,5%. Ini sebagai bukti risiko pinjaman terkelola dengan baik.(SBS).
×
Berita Terbaru Update