-->

Notification

×

iklan

Iklan

Pastikan Disiplin Terapkan Prokes Covid-19, Kapolres Samosir Pantau Tempat Wisata

Sabtu, 15 Mei 2021 | 20.18 WIB Last Updated 2021-05-15T17:58:05Z
Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH mengenakan masker kepada sejumlah pengunjung di objek wisata Pantai Sigurgur.
Samosir(DN)
Dalam rangka melihat situasi dan kondisi dimasa libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH bersama sejumlah personil melakukan pemantauan dan pengecekan tempat-tempat wisata dan hotel, Sabtu, 15 Mei 2021.

Selain itu, kunjungan Kapolres Samosir ini juga untuk melihat kesiapan personel pengamanan di kawasan obyek wisata Kabupaten Samosir dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2021.
Adapun tempat wisata yang dipantau yakni objek wisata Pantai Pasir Putih Parbaba Kecamatan Pangururan, Pantai Sigurgur Kecamatan Simanindo dan Tabo Cottage di Tuktuk Siadong Kecamatan Simanindo.

Pada monitoring ini, Kapolres Samosir memantau langsung penerapan protokol kesehatan dan melakukan pengecekan terhadap manajemen objek wisata maupun hotel dan pengunjung di masa pandemi Covid-19.
Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH menghimbau masyarakat untuk senantiasa disiplin prokes Covid-19 sekaligus memasang masker ke pengunjung Pasir Putih Parbaba.
Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH mengatakan, pemantauan ini guna menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Bupati Samosir Nomor 800/07/Satgas Covid-19/V/2021, tentang pembatasan kegiatan sosial masyarakat Kabupaten Samosir dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selama bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Sehingga, sambung Josua, kita memastikan aktivitas di objek wisata dan hotel taat dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, 5M yakni menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker, menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi.

Dari hasil monitoring tersebut, kata dia, mayoritas destinasi wisata telah menerapkan protokol kesehatan dengan menyiapkan tempat cuci tangan, sabun, dan melakukan pengecekan suhu tubuh.

“Tadi kita lihat masih ada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid 19, salah satunya tidak mengenakkan masker tapi secara umum tingkat kesadaran masyarakat dan manajemen objek wisata serta hotel, cukup baik,” kata Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH.
Berphoto bersama petugas gabungan di Pos Pelayanan Pasir Putih Parbaba.
Ditambahkan, tidak hanya saat libur lebaran, pada hari-hari biasa pun pihaknya juga masih senantiasa melakukan monitoring kesiapan destinasi wisata dalam pelaksanaan SOP Covid-19 oleh pengelola.

AKBP Josua Tampubolon menerangkan, agar tercipta destinasi dan layanan pariwisata yang aman dari Covid-19, harus didukung seluruh pihak atau pemangku kepentingan. "Terutama dalam disiplin dan konsistensi penerapan SOP oleh para pengelola usaha dan destinasi pariwisata dan juga disiplin pelaksanaannya oleh wisatawan," paparnya.

Terakhir, Kapolres Samosir menghimbau masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dalam beraktifitas serta mendukung Polres Samosir dalam menciptakan stabilitas Kamtibmas yang aman di Kabupaten Samosir.
Berphoto bersama pemilik Tabo Cottage.
Sementara owner Tabo Cottage, Annette Boru Siallagan menambahkan bahwa untuk saat ini belum ada lonjakan pengunjung yang menginap di hotelnya.

Menurutnya, hal itu dikarenakan libur panjang kali ini masih suasana Pandemi Covid-19, pembatasan kegiatan. Sehingga yang bisa berkunjung ke Kabupaten Samosir hanya masyarakat dalam Propinsi Sumatera Utara dan yang memenuhi persyaratan.

"Biasanya beberapa hari sebelum libur lebaran, kamar biasanya sudah full dipesan. Namun karena suasana Pandemi Covid-19, hingga saat ini hanya sekitar 50 % yang terisi dari seluruh kamar yang ada di Tabo Cottage ini," pungkasnya.

Pada monitoring Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH ini, turut didampingi Kapolsek Simanindo AKP Tumpal Tobing, Kanit Reg Iden Ipda Benjamin Silaban, Ps. Kanit I Sat Intelkam Bripka Saut Siahaan dan sejumlah personil polisi pariwisata serta para Polwan dan Dokter dari Puskesmas Ambarita.(SBS).

×
Berita Terbaru Update