-->

Notification

×

iklan

Iklan

Tadi Malam Gempa Bermagnitudo 2.7 Kembali Guncang Samosir

Senin, 05 April 2021 | 13.59 WIB Last Updated 2021-04-06T09:30:31Z
Gempa magnitudo 2.7 di pulau Samosir, Kabupaten Samosir, Minggu (4/4/2021).(Foto: BMKG).
Samosir(DN)
Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 2.7 kembali guncang pulau Samosir, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (4/4/2021) pukul 23.32 WIB.

Data analisis Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa berlokasi di titik koordinat 2.59 LU dan 98.83 BT pada jarak 16 KM Tenggara Samosir di kedalaman 10 Km.

Ditempat terpisah, Staf Pelayanan Geofisika BBMKG Wilayah I-Medan, Resa Idha mengatakan, penyebab terjadinya gempa di perairan Danau Toba tepatnya di Pulau Samosir adalah gempa bumi tektonik yang disebabkan oleh sesar lokal.

Dengan magnitudo kecil ini pada umumnya tidak memiliki dampak merusak kepada bangunan maupun dirasakan oleh manusia.

"Gempa magnitudo kecil pada umumnya tidak memiliki dampak kerusakan kepada bangunan dan dirasakan manusia," ucapnya.

Dijelaskannya, BMKG menghimbau kepada masyarakat di sekitar Danau Toba untuk tidak panik dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab terkait terjadinya gempa di perairan Danau Toba akan meletusnya gunung Toba.

"Isu mengatakan gempa terjadi di Danau Toba tertanda akan meletusnya gunung Toba, itu isu hoax yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya," bilang dia.

Terkait gempa bumi yang sudah puluhan kali terjadi di Kabupaten Samosir sejak awal tahun 2021, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, Mahler Tamba yang dikonfirmasi wartawan, hingga berita ini dinaikkan enggan berkomentar terkait antisipasi yang akan dilakukan.(red/JBN)
×
Berita Terbaru Update