-->

Notification

×

iklan

Iklan

Dibalik Ketegasannya, AKBP Josua Tampubolon SH MH Sosok Polisi Religius

Minggu, 25 April 2021 | 14.43 WIB Last Updated 2021-04-25T12:50:28Z
Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH bersama keluarga beribadah di GBI Pintu Sona.
Samosir(DN)
Sosok polisi lebih dikenal memiliki sikap berani terlebih dalam menghadapi situasi genting sekalipun. Terutama sikap tegas yang wajib dimiliki.

Namun di balik kegarangan para anggota polisi, tak jarang pula kita menyaksikan para polisi yang taat beribadah. Bahkan ada hal-hal yang dilakukan di luar kebiasaan polisi yang kerap bersinggungan langsung dengan penjahat.

Salah satu sosok polisi yang religius yakni AKBP Josua Tampubolon SH MH. Kapolres Samosir yang baru Januari lalu menjabat merupakan perwajahan polisi masa kini. Sosoknya yang humanis dalam melayani masyarakat, serta tegas menegakkan hukum mendapat apresiasi berbagai pihak terutama masyarakat Samosir.

Sejak memegang tongkat komando di Polres Samosir, Polisi berpangkat melati dua di pundaknya ini tak pernah melupakan hal-hal yang bisa semakin mendekatkannya dengan Tuhan. Josua Tampubolon tidak hanya menampilkan dirinya yang tegas, tetapi juga religius.

Salah satu contoh, pada Minggu, 25 April 2021, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH bersama keluarga beribadah di GBI Pintu Sona Pangururan.
Pembinaan rohani dan mental terhadap anggota kepolisian resor Samosir.
Pada kesempatan ini, Mantan Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Sumut itu berkesempatan memperkenalkan diri dan meminta dukungan serta saran dari jemaat GBI Pintu Sona terkait peningkatan kinerja Polres Samosir dalam melayani masyarakat.

AKBP Josua Tampubolon SH MH menuturkan bahwa dimanapun bertugas, dirinya senantiasa melayani baik itu di kepolisian, lapas maupun masyarakat. "Semua hidup kita ini atas seizin Tuhan. Sehingga dimanapun kami bertugas, puji Tuhan kami tidak lupa melayani dan berusaha peka kepada apa yang diizinkan Tuhan terjadi dalam hidup kita termasuk lingkungan," tutur suami Yuliarta Nainggolan itu.

Ditambahkan, selama 3 bulan bertugas, dirinya sangat sedih melihat Samosir. Menurutnya, banyak masyarakat di daerah yang terlantar atau kurang diperhatikan akibat situasi pilkada, dan sebagainya.

Josua mencontohkan, seperti kasus Covid-19. Awal kedatangannya, kasus Covid-19 terus melonjak bahkan pernah mencapai 55 kasus positif Covid-19. Namun dia melihat penanganan sangat lambat. Sehingga mantan Wakapolres Belawan ini beraksi cepat dengan berbagai gebrakan hingga akhirnya kasus Covid-19 berangsur-angsur menurun di Kabupaten Samosir.
Tahanan Polres Samosir mengikuti ibadah dengan mengundang langsung pemuka agama.
Kedepan, Kapolres Samosir berharap agar pimpinan di kabupaten ini maupun Forkopimda mesti unity. "Harus punya satu visi misi untuk kepentingan masyarakat Samosir, tidak untuk kepentingan pribadi ataupun kelompok," kata AKBP Josua Tampubolon SH MH.

Selain itu, kepedulian Kapolres Samosir terhadap nilai-nilai agama juga ditujukannya dengan mengharuskan para anak buahnya agar senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan, melalui rutin melakukan pembinaan rohani dan mental untuk kesiapan hati dalam melaksanakan tugas dan tidak tinggal juga seluruh tahanan Polres Samosir ikut serta melaksanakan.

Polisi bermotto melayani dengan kasih ini juga tak segan turun ke lapangan mengunjungi anak buahnya. Seperti melakukan anjangsana kepada anggota yang sakit. Hal ini sebagai wujud menjalin hubungan yang baik dalam lingkungan pekerjaan agar suasana kondusif terus terjalin.
Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH bersama ketua Bhayangkari Cabang, Ny Josua Yuliarta Nainggolan menyantuni 7 anak yatim-piatu.
Tak hanya itu, hal lain yang sering membuat dirinya mendapat berbagai pujian yakni, saat baru datang ke Polres Samosir, Josua Tampubolon bersama keluarga langsung menyantuni 7 anak yatim piatu, yang orang tuanya korban pembunuhan di Kecamatan Ronggurnihuta.

Juga meringankan beban masyarakat yang terdampak musibah angin kencang baru-baru ini. Menjenguk mitra kerja (wartawan) ke rumah sakit dan lainnya.

Sosoknya yang religius menjadi satu faktor kesuksesan karier AKBP Josua Tampubolon SH MH kini. Semua yang dicapai diakuinya buah dari kerja ikhlas, doa dari kedua orang tua, dan dukungan dari keluarga tercinta.(SBS).
×
Berita Terbaru Update