-->

Notification

×

iklan

Iklan

Angka Penularan Covid-19 di Samosir Mereda, Masyarakat Diminta Tak Lengah

Jumat, 16 April 2021 | 15.21 WIB Last Updated 2021-04-16T10:20:50Z
Ilustrasi.(pikiran rakyat).
Samosir(DN)
Angka penularan virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Samosir menunjukkan tren penurunan. Tentu ini jadi kabar yang baik setelah 3 bulan terus meningkat dan menghantui kehidupan masyarakat Samosir.

"Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir bersyukur atas dua warga yang sembuh. Sehingga konfirmasi positif aktif tinggal 4 orang. Kiranya kecenderungan angka kesembuhan tetap jauh lebih tinggi daripada angka konfirmasi positif aktif setiap harinya," tulis Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Samosir melalui jubirnya, Rohani Bakkara, Jumat, 16 April 2021.

Berikut data perkembangan Covid-19 di Kabupaten Samosir per hari ini, (Jumat, 16/4/2021) dengan rincian nihil kasus baru dan 2 orang sembuh, kumulatif menjadi menjadi tetap kasus

"Data sembuh yakni ES, [9/4/2021] perempuan 50 tahun, Desa Siallagan Pindaraya, Kecamatan Simanindo; dan SS, [7/4/2021] perempuan 58 Tahun, Desa Pallombuan, Kecamatan Palipi)," ujarnya.

Adapun data suspek: nihil, pobable: 1 orang, konfirmasi positif aktif: 4 orang, sembuh: 184 orang, meninggal Dunia: 8 orang, kumulatif 196 kasus.

Meski mengalami penurunan, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Samosir meminta masyarakat jangan terlena dengan kondisi yang ada saat ini, karena ancaman virus tersebut masih cukup tinggi.

Budaya 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga) harus tetap senantiasa diingatkan kepada setiap anggota keluarga untuk mencegah meluasnya infeksi Covid-19.

"Agar 3M menjadi budaya memerlukan imbauan yang terus menerus dan keteladanan dari setiap kepala keluarga. Pembudayaan ini dimulai dari satuan unit yang terkecil yaitu keluarga," sambung Kadis Kominfo Samosir itu.

Peran ayah dan ibu pada keluarga perlu dimaksimalkan untuk pembudayaan 3M ketika melakukan kegiatan di luar rumah terutama pada tempat-tempat pada interaksi.

Dari satuan unit terkecil ini berangkat ke satuan yang lebih besar yaitu tetangga, lingkungan, desa, kecamatan, hingga kabupaten. Ketahanan dalam bentuk disiplin ini perlu digerakkan secara masif.

"Setelah membudayakan ketahanan ini, kita juga perlu mendukung upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Daerah yaitu vaksinasi dan Pemulihan Ekonomi Nasional dalam semangat kebersamaan untuk menghempang infeksi Covid-19 di Kabupaten Samosir," pungkasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update