-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

KLB Digelar Hari ini, Demokrat Sumut Ancam Pecat Kader yang Hadir

Jumat, 05 Maret 2021 | 09.00 WIB Last Updated 2021-03-05T13:12:25Z
Suasana persiapan ruang untuk KLB Partai Demokrat di salah satu hotel yang ada di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang pada Kamis (4/3/2021) malam. [Istimewa]
Deli Serdang(DN)
Perhelatan politik yang menamakan diri Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) bakal digelar hari ini di Sumatera Utara. Arena KLB tersebut dijaga ketat.

KLB PD digelar di The Hill Hotel and Resort Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021) hari ini. Lokasi menuju hotel tersebut dijaga ketat. Penjagaan dilakukan oleh petugas keamanan hotel dan petugas dari panitia KLB.

Pantauan detikcom mulai Kamis (4/3) malam di lokasi, semua mobil yang masuk diberhentikan oleh petugas di pintu penjagaan. Orang-orang yang hendak masuk harus didata dan disesuaikan dengan undangan panitia.

Sejumlah mobil terlihat hilir mudik di depan pintu masuk hotel. Sejumlah peserta terlihat memasuki wilayah hotel.

Terlihat dari peserta yang hadir itu mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Nazaruddin. Nazaruddin terlihat keluar dari dalam  mobil saat harus memasuki bilik disinfektan di depan pintu penjagaan hotel tadi malam.

Hingga pagi ini penjagaan ketat masih dilakukan. Setiap mobil-mobil yang masuk tetap diberhentikan untuk didata.

Bendera partai Demokrat juga sudah terpasang di lokasi hotel. Bendera itu dipasang mulai dari jalanan dekat hotel hingga pintu masuk hotel.

Sebelumnya, foto lokasi kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) sudah beredar luas di media sosial. Keberadaan lokasi KLB Partai Demokrat dikonfirmasi oleh salah satu pendiri partai, Hencky Luntungan.

“Benar tapi saya belum tiba,” kata Hencky saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (4/3/2021).

Foto lokasi KLB Partai Demokrat itu menunjukkan sebuah panggung lengkap dengan logo Partai Demokrat. Sejumlah bangku telah disiapkan untuk KLB Partai Demokrat.

Di salah satu pojok panggung, berdasarkan foto yang beredar, lokasi KLB Partai Demokrat itu berada di The Hill Hotel dan Resort Sibolangit. Hotel tersebut ditelusuri berada di Jalan Letnan Jenderal Jamin Ginting, Suka Makmur, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Ancam Pecat
Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara, Heri Zulkarnain mengancam akan memecat kader Demokrat yang menghadiri acara Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel The Hill Sibolangit untuk mengkudeta Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Heri mengakui ada beberapa kader yang bahkan sudah dipecat sebelum KLB.

“Ada kader aktif yang akan hadir di sana, tapi bukan pengurus. Terpaksa mereka kita nonaktifkan karena sudah tidak loyal ke partai. Jadi semua kader yang tidak punya kapasitas menyatakan dirinya anggota demokrat itu adalah orang-orang yang  tidak punya hak suara yang sah. Yang mewakili DPP seperti yang mereka sebut itu semua sudah dipecat. Yang jelas intinya mereka barisan sakit hati,” kata Heri Zulkarnain, Kamis (4/3/2021).

Namun Heri mengklaim Ketua DPC Demokrat Kabupaten/Kota se-Sumut tidak akan menghadiri KLB tersebut. Sebab mereka tetap loyal kepada Ketua Umum Demokrat AHY.

“Walaupun besok ada yang hadir, menurut prediksi kami tidak sampai 100 orang. Semuanya tidak sesuai AD/ART. Karena mereka itu tidak punya suara untuk mengusulkan KLB,” ujarnya.

Herri mengaku sudah mendapat informasi bahwa Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko telah tiba di Sumut untuk menghadiri KLB tersebut.

“Ini murni karena ada faktor eksternal. Karena Kepala Staf Presiden ke Medan, jadi mereka (kader) termakan isu dan berani datang. Tapi semuanya bukan Ketua DPC Demokrat. Kehadiran pejabat negara di KLB apa itu etis,” tegasnya.

Heri telah membuat laporan ke Polrestabes Medan agar membubarkan KLB tersebut. Menurutnya KLB tersebut ilegal sebab diinisiasi para mantan kader Demokrat barisan sakit hati.

“KLB ilegal ini dilaksanakan pada 5-7 Maret di Hotel The Hill Sumut. Kami minta ke Polres agar acara itu dibubarkan. Karena ini KLB ilegal kami minta dibubarkan besok,” sebutnya.

Heri mengaku telah mengklarifikasi langsung ke aparat kepolisian apakah memberi izin keramaian untuk acara KLB tersebut. Ternyata, kata Heri, acara KLB yang akan digelar nanti juga tidak.mengantongi izin dari aparat.

“Kami langsung telusuri ke lapangan, ternyata memang ada acara besok, bahkan ada foto persiapan KLB di hotel itu. Sebenarnya kami ingin mempertanyakan kepolisian apakah ada rekomendasi yang dikeluarkan polisi dari acara ini. Ternyata tadi kami dapat info sama sekali tidak ada,” bebernya.(dtc/cnn).
×
Berita Terbaru Update