-->

Notification

×

iklan

Iklan

Optimalkan Potensi Wisata, Legislator Renaldi Naibaho Berdiskusi Bersama Pokdarwis Tanjung Bunga

Minggu, 08 November 2020 | 22.33 WIB Last Updated 2020-11-08T16:53:16Z

Renaldi Naibaho saat berdiskusi dengan Pengurus Pokdarwis dan pemdes Tanjung Bunga.

Samosir(DN)
Guna mengoptimalkan potensi wisata yang dimiliki Desa Tanjung Bunga, Anggota DPRD Kabupaten Samosir, Renaldi Naibaho berdiskusi ringan bersama pengurus Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan Kepala Desa Tanjung Bunga, Minggu, 8 November 2020.

Dalam diskusi yang turut dihadiri Kabid Koperasi dan UKM pada Disnaker Koperindag Samosir, Resmin Situmorang, ini mengusung topik pengembangan wisata pendakian Gunung Pusuk Buhit jalur Sitaotao.

Pada kesempatan itu, Kabid Koperasi dan UKM Kabupaten Samosir, Resmin Situmorang memotivasi pengurus Pokdarwis Tanjung Bunga untuk ber-UKM dalam mengelola produk unggulan desa setempat yakni kopi dalam bentuk olahan semisal bubuk kopi dan berbagai kemasan lainnya sebagai pendukung pengembangan wisata di Tanjung Bunga.

Renaldi Naibaho mengemukakan bahwa disamping objek wisata alam pendakian Gunung Pusuk Buhit, perlu juga didorong pengembangan daya tarik wisata lainnya yaitu diantaranya seni budaya, kuliner, souvenir, wisata sejarah dan sebagainya.

"Selama ini, Desa Tanjung Bunga khususnya dusun Sitaotao hanya menjadi tempat yang hanya dilewati oleh para wisatawan yang menuju ke puncak Gunung Pusuk Buhit," ujar Ketua Fraksi PDIP DPRD Samosir itu.

Agar wisatawan betah, lanjut Renaldi, kedepan, harus dikembangkan peluang-peluang baru bagi masyarakat untuk melakukan usaha jasa, yaitu jasa penyedia makanan, minuman, souvenir, jasa guide, dan bahkan jasa penginapan semisal homestay.

"Kita harapkan Desa Tanjung Bunga akan berkembang menjadi destinasi wisata favorit baru yang menggabungkan wisata alam dan budaya. Sehingga nantinya dapat memberikan multiplayer efek bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat desa ini," tambahnya.

Pada kesempatan ini, legislator kelahiran Tanjung Bunga itu juga mengutarakan bahwa pihaknya bersama rekan-rekannya di DPRD sedang memperjuangkan lanjutan peningkatan akses jalan menuju Dusun Sitaotao.

“Pada tahun anggaran 2021 ini, saya akan mengawal dan memperjuangkan anggaran untuk peningkatan jalan Tanjung Bunga menuju Dusun Sitaotao. Termasuk juga anggaran penataan fasilitas destinasi wisata dan pengembangan SDM pokdarwisnya,” tuturnya.

Untuk itu, dia berharap kepada semua komponen masyarakat untuk dapat bersama-sama mendukung hal ini agar apa yang telah direncanakan dapat berjalan sesuai harapan semua pihak.(SBS).
×
Berita Terbaru Update