-->

Notification

×

iklan

Iklan

Pemkab Samosir Launching Implementasi Kartu Tani Tahap Dua

Selasa, 15 September 2020 | 12.21 WIB Last Updated 2020-09-15T08:02:52Z
Bupati Samosir Rapidin Simbolon membuka sosialisasi implementasi kartu tani.
Samosir(DN)
Era baru dalam meningkatkan kesejahteraan petani Samosir, Bupati Samosir Rapidin Simbolon launching implementasi kartu tani tahap kedua di Aula Hotel Grand Dainang, Senin 14 September 2020.

Dari 1.051 kelompok tani yang ada di Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir telah melakukan sosialisasi tahap pertama, yakni pada Jumat  11 September 2020 yang dihadiri undangan sebanyak 480 kelompok tani.

"Sedangkan pada tahap kedua ini, peserta yang diundang sebanyak 571 kelompok tani, demikian Viktor Sitinjak Kadis Pertanian Kabupaten Samosir dalam laporannya.

Untuk pelaksanaan sosialisasi implementasi kartu tani tersebut, Pemerintah Kabupaten Samosir juga mengundang mitra kerja BNI Cabang Pangururan dan distributor pupuk yang sekaligus hadir sebagai narasumber.

Bungaria Situmorang, pimpinan BNI Cabang Pangururan, mengungkapkan bahwa kartu tani merupakan sarana akses, layanan perbankan terintegrasi yang berfungsi, sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi (e-wallet).

Kartu tani tersebut memiliki sejumlah keunggulan, yang meliputi single entry data, proses validasi berjenjang secara daring, transparan, multifungsi, yang dapat memberi kepastian, pendistribusian bantuan pupuk tepat sasaran, kepada petani yang berhak menerimanya.

Pada sambutannya, Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengungkapkan bahwa program ini merupakan terobosan baru dalam transparansi penggunaan bantuan keuangan negara kepada petani dalam bentuk aplikasi kartu tani.

"Terutamanya untuk menjaga ketersediaan pupuk dan distribusi pupuk yang baik dan benar," ungkapnya.

Karena itu, Bupati Samosir juga berharap agar para petani lebih semangat lagi mengusahai lahan pertaniannya.

Rapidin Simbolon juga bangga akan keberhasilan petani Samosir yang telah berhasil mengekspor sayur mayur dan hasil lainnya.

"Demikian juga hasil pertanian jagung yang melimpah saat ini cukup menggembirakan kita. Dalam mendukung semangat petani, Pemerintah Kabupaten Samosir akan terus mendukung petani dalam pemberian bantuan alat-alat pertanian yang akan meningkatkan hasil tani," pungkas Bupati Samosir.(SBS).
×
Berita Terbaru Update