-->

Notification

×

iklan

Iklan

Pengurus Dikukuhkan, Punguan Sagala Raja Rencanakan Pembangunan Tugu

Minggu, 23 Agustus 2020 | 16.01 WIB Last Updated 2020-08-23T09:39:36Z
Pengukuhan Kepengurusan Punguan Sagala Raja.
Samosir(DN)
Raja Bius Sagala Raja yakni Bius Bangun Rea, Bius Tuan Mula, Bius Raja Oloan, Bius Suha dan turut serta Raja Dapoton mengukuhkan struktur kepengurusan Punguan Sagala Raja se-Indonesia.

Pengukuhan ini digelar di partukkoan (tempat rapat jaman dahulu) Desa Ginolat Sagala Kecamatan Sianjur Mulamula Kabupaten Samosir, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Adapun pengurus Punguan Sagala Raja yang dikukuhkan yaitu St (EM) Drs. Maringan Sagala/br.Situmorang (Op.Anastasia) sebagai Plt Ketua Umum, AKP Matias Manguji Sagala/br.Samosir (A.Parlin) Sekretaris dan DR. Wannen Pakpahan/br.Sagala sebagai Bendahara.

Dalam acara ini dikukuhkan juga satuan tugas (satgas) pendanaan yang dipimpin oleh Japinal Sagala/br.Siboro (A.Mangihut), satgas pembangunan tugu, Ir.Darlin Sagala/br.Sianturi dan Satgas Mubes, Simon Sagala/br.Napitupulu.

Kabarnya, setelah kepengurusan sementara ini terbentuk, Punguan Sagala Raja se-Indonesia akan melakukan Mubes (Musyawarah Besar) untuk melantik kepengurusan yang defenitif. Serta satgas pendanaan dan pembangunan tugu akan secepatnya bekerja.

Usai pengukuhan selesai, rombongan pun beranjak ke Giddolok, tepatnya di perbatasan desa ginolat dan desa Huta Gurgur. Guna mandege-dege (mematangkan.red) lokasi rencana pendirian Tugu Sagala Raja.

Pada kesempatan itu, Plt Ketua Umum, St (EM) Drs.Maringan Sagala menghimbau seluruh keturunan Sagala Raja agar saling bahu membahu untuk mensukseskan cita-cita bersama yang telah lama diimpikan.
Pengukuhan pengurus dan peninjauan lokasi pembangunan Tugu Punguan Sagala Raja.
"Semoga para pengurus struktural dan satgas bisa secepatnya melaksanakan tugas masing-masing," tegasnya.

Senada, salah seorang keturunan Sagala Raja yang tinggal di bona pasogit Jonni Sagala yang merupakan Anggota DPRD Samosir, turut menghimbau seluruh pomparan Sagala Raja agar bekerja sama dan sama-sama bekerja.

"Saya sebagai pomparan Sagala Raja naboloni yang tinggal di bona pasogit mengajak kita semua yang ada dibona pasogit maupun di perantauan mendukung dan memberi semangat kepada Plt Ketua Punguan Sagala Raja dan jajarannya," katanya.

"Supaya cita-cita kita bersama dapat terwujud dalam dua tahun ini sesuai arahan dan bimbingan Plt Ketua, Maringan Sagala. Horas Horas Horas," tambah Jonni Sagala.

Seperti pantauan wartawan di lokasi, sebelum dan setelah acara didatangi miak-miak (hujan.red). Menurut raja bius tuan mula Halomoan Sagala, "Molo marulaon pomparan ni oppui Sagala Raja Naboloni ikkon ro do miak-miak na pataddahon na satolop do oppui".

"Kedatangan hujan sebelum acara dan setelah acara merupakan pertanda bahwa acara ini telah direstui oppu mula jadi nabolon," pungkasnya.

Acara pengukuhan ini dihadiri ratusan orang para keturunan marga Sagala yang datang dari tanah perantauan dan yang ada di bona pasogit. Turut hadir juga keturunan marga Sagala yang telah lama tinggal di Parsoburan dan Tapanuli Selatan.(Red/DN).
×
Berita Terbaru Update