-->

Notification

×

iklan

Iklan

Besok Awal Libur Panjang, Satgas Covid-19 Samosir Himbau Masyarakat Tetap Waspada

Rabu, 19 Agustus 2020 | 20.12 WIB Last Updated 2020-08-19T14:27:52Z
Jubir Satgas Covid-19 Samosir, Rohani Bakkara.
Samosir(DN)
Satgas Penanganan Covid-19 Samosir mengimbau masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 selama libur panjang yang dimulai besok, Kamis (20/8).

Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Rohani Bakkara menyampaikan agar masyarakat pelaku usaha wisata dan sekitar objek-objek wisata tidak abai dengan protokol kesehatan yaitu tetap pakai masker, sering cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, dan jaga jarak interaksi.

"Jika melakukan acara sukacita dan dukacita, maka protokol kesehatan tetap diutamakan," ungkap Kadis Kominfo Samosir itu saat menyampaikan informasi perkembangan kasus Covid-19 di WhatsApp Grup, Rabu, 19/8.

Dikatakan, imbauan ini tidak lain dan tidak bukan mengingat angka infeksi Covid-19 masih tinggi baik secara nasional maupun lokal (Provinsi Sumatera Utara).

Konsistensi perilaku dengan protokol kesehatan merupakan keharusan dan keutamaan dalam melakukan aktivitas di luar rumah terutama di ruang-ruang publik dalam bentuk kerumunan. Sudah menjadi pilihan, produktif dan aman dari Covid-19 dengan melakukan aktivitas normal.
Data pemantauan Covid-19 di Kabupaten Samosir.
Oleh karena itu, ajak Rohani, mari sikapi secara bijak dengan totalitas ketaatan. Meski di jalanan banyak contoh abai akan protokol kesehatan, mari dengan sadar memberikan contoh dengan pakai masker setiap keluar dari rumah, manfaatkan fasilitas cuci tangan dan/atau bawa hand sanitizer, dan berinteraksilah dengan jarak aman.

"Keteladanan adalah kunci utama lebih memberhasilkan protokol kesehatan daripada seribu imbauan-imbauan yang tidak disertai teladan yang hidup dan bergerak," ujar Jubir Satgas Covid-19.

Menurutnya, pada liburan panjang ini, Samosir akan menerima kunjungan para wisatawan nusantara dari berbagai daerah. Sejatinya, diharapkan agar pelaku perjalanan ke Samosir tidak menjadi carrier yang menyebabkan transmisi lokal.

Alur berpikirnya adalah Covid-19 tidak kelihatan, atau dengan kata lain ada orang dengan asimptomatik yang berpotensi menularkannya setiap saat.

"Sederhananya, kita dapat menangkalnya dengan perilaku taat akan protokol kesehatan dan tetap mengingat bahwa Covid-19 tidak akan nihil selama vaksin belum tersedia secara bebas," tambahnya lagi.

Terakhir, Satgas Penanganan Covid-19 Samosir mengimbau dan berharap selama libur panjang ini tidak terjadi penularan di keramaian dan tetap mempersiapkan mitigasi bersegera manakala ada penularan terdeteksi oleh pihak yang berwenang.

Tidak hanya itu, Satgas Penanganan Covid-19 Samosir juga akan membuat keputusan menutup kembali bila hasil evaluasi menyatakan tidak memungkinkan membuka Samosir bagi pelaku perjalanan dari luar Samosir.

"Berdoa dan bekerja menangani Covid-19 adalah dasar Satgas Covid-19 Samosir dalam melakukan tugas-tugasnya selama pandemi," pungkas Bakkara.(SBS).
---------------------------------------------
Data Perkembangan Covid-19, Rabu (19/8/2020)

Nasional
Konfirmasi : 1.902 orang (144.945)
Sembuh : 2.351 orang (96.306)
Meninggal Dunia: 69 orang (6.346)

Provinsi Sumatera Utara
Konfirmasi : 78 orang (5.898)
Sembuh : 94 orang (2.834)
Meninggal Dunia : 3 orang (260)

Kabupaten Samosir
Suspek : 0 orang
Konfirmasi : 1 orang
Sembuh : 1 orang 
Meninggal Dunia : Nihil
×
Berita Terbaru Update