-->

Notification

×

iklan

Iklan

Ketua Bawaslu Samosir Dicoklit, Ajak Warga Pastikan Data Diri Jelang Pilkada 2020

Jumat, 24 Juli 2020 | 13.36 WIB Last Updated 2020-07-26T06:36:44Z
Ketua Bawaslu Samosir, Anggiat Sinaga dicoklit dikediamannya.
Samosir(DN)
Pada Rabu, 22 Juli 2020 dikediamannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Samosir, Anggiat Sinaga menerima tamu dari petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dalam rangka pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih pilkada serentak 2020.

Dijelaskan, dalam penyelenggaraan pemilihan kepada daerah (Pilkada) tahun 2020, petugas PPDP datang ke rumah masyarakat untuk memastikan data pemilih sudah benar dan sudah akurat.

Anggiat Sinaga menghimbau kepada masyarakat untuk menyiapkan data yang diperlukan oleh petugas PPDP untuk memastikan data sudah masuk ke dalam administrasi.

"Jangan sampai hak pilih kita tidak kita dapatkan saat pesta demokrasi digelar," kata orang nomor satu di Bawaslu Samosir itu.

Ditambahkan, paling krusial yang sering menimbulkan polemik dikemudian hari adalah data pemilih. Sehingga dalam pelaksanaan coklit ini, Bawaslu Samosir mengawal ketat tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih Pilkada Samosir 2020.

Dirinya menyebut telah menurunkan seluruh anggota panwas mulai dari tingkat kecamatan hingga pengawas pemilu lapangan untuk mengawal pelaksanaan coklit. Ada beberapa yang menjadi titik fokus pengawasan yang dilakukan. Salah satunya memastikan apa yang ada dalam data benar-benar hasil coklit PPDP.

“Data pemilih ini adalah hal yang paling krusial di setiap pemilihan. Sehingga kami berusaha mengawal ini semua agar ke depan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Samosir berjalan dengan baik,” tuturnya.

Terakhir, Ketua Bawaslu Samosir ini mengajak masyarakat membantu untuk turut serta mengawasi proses Coklit. Jika ada pelanggaran maupun tidak terdaftar dalam data pemilih, dipersilahkan melaporkan ke aduan terdekat (PKD).

"Bersama kita kawal proses Coklit. BERSAMA RAKYAT AWASI PEMILU, BERSAMA BAWASLU TEGAKKAN KEADILAN PEMILU. SALAM AWAS," pungkasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update