-->

Notification

×

iklan

Iklan

402 PPS Di Kabupaten Samosir TCM Massal, 1 Positif Covid-19

Selasa, 07 Juli 2020 | 20.35 WIB Last Updated 2020-07-07T14:46:22Z
Juru Bicara GTPP Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara.
Samosir(DN)
Pada 26-28 Juni 2020 lalu, menjelang verifikasi faktual syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan untuk Pilkada 2020, 402 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Samosir menjalani Tes Cepat Molekuler (TCM), guna mencegah penyebaran Covid-19.

Berdasarkan hasil Metode Tes Cepat Molekuler (TCM) ini, diketahui 1 anggota PPS berinisial WNS (perempuan) usia 40 tahun, positif Covid-19.

Hal ini disampaikan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara kepada wartawan, Selasa, 7 Juli 2020.

"Saat ini, WNS telah menjalani perawatan di RSU Tarutung," ujarnya.

Dari hasil penelusuran kontak dari pihak berotoritas, WNS diinformasikan telah melakukan perjalanan ke Kota Medan (zona nerah) pada tanggal 13 Juni 2020 dan masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Dugaan sementara, lanjut Rohani, WNS terpapar setelah mengadakan perjalanan ke Kota Medan namun demikian GTPP Covid-19 Kabupaten Samosir masih menunggu klarifikasi lanjutan secara resmi.

GTPP Covid-19 Kabupaten Samosir juga mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada karena potensi penularan di beberapa kabupaten/kota di wilayah provinsi Sumatera Utara masih tetap tinggi.

Selain itu, dihimbau agar tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat ketika beraktivitas di luar rumah untuk menghindari Orang Tanpa Gejala (OTG) dan menyebabkan transmisi lokal.

"Kepada masyarakat diminta agar tidak menstigmatisasi positif Covid-19 secara buruk karena dia juga tidak menginginkan hal tersebut menimpa dia melainkan mendoakan agar WNS dapat segera sembuh," ungkap Kadis Kominfo Samosir itu.

Terakhir, GTPP juga mengajak masyarakat agar maenunda perjalanan ke luar Samosir jika tidak sangat urgen dengan tetap waspada serta disiplin melakukan protokol kesehatan secara ketat.

"Mari hadang Covid-19 ke Kabupaten Samosir dengan tanggung jawab sosial secara kolektif, jangan panik, dan tetap sikapi wabah ini secara tenang dan tetap waspada," pungkasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update