-->

Notification

×

iklan

Iklan

Bupati Bersama DPRD Samosir Tebar Benih Ikan Nila Di Tujuh Pea

Sabtu, 30 Mei 2020 | 13.40 WIB Last Updated 2020-05-30T10:57:45Z
Bupati Samosir bersama wakil ketua DPRD dan wakil ketua komisi II taburkan benih ikan ke Pea Silengge.
Samosir(DN)
Untuk melestarikan populasi ikan di sejumlah pea (perairan daratan), Pemerintah Kabupaten Samosir bersama DPRD melakukan restocking benih ikan nila sebanyak 40 ribu ekor di tujuh pea yang tersebar di 4 kecamatan, Sabtu, 30 Mei 2020.

Adapun ketujuh Pea tersebut yakni Pea Porohan (Salaon Toba), Pea Aek Tawar (Ronggur Nihuta), Danau Sidihoni (Ronggur Nihuta), Pea Silengge (Huta Tinggi), Pea Tala (Ginolat, Sianjur Mulamula) dan Pea Siboro (Desa Siboro, Sianjur Mulamula) masing-masing 5.000 bibit. Sementara di Pea Roba (Sihusapi, Simanindo) sebanyak 10.000 bibit.
Wakil Ketua DPRD Samosir, Nasip Simbolon bersama Bupati, Rapidin Simbolon tabur ikan di Danau Sidihoni.
Pada penaburan bibit di Pea Silengge Huta Tinggi dan Danau Sidihoni, hadir Bupati Samosir, Rapidin Simbolon bersama sejumlah pimpinan OPD dan Wakil Ketua DPRD Samosir, Nasip Simbolon serta Wakil Ketua Komisi II, Polma Hasehaton Gurning.

Terpisah, Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba bersama sejumlah anggota Komisi II juga melakukan penaburan bibit ikan di Pea Roba, Sihusapi, Kecamatan Simanindo.

Kepada wartawan, Wakil Ketua Komisi II DPRD Samosir, Polma Hasehaton Gurning menyampaikan bibit ikan nila ini bantuan Pemprovsu yang diusulkan Komisi II pada kunjungan kerja 25 Februari 2020 ke Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Sumatera Utara.
Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba tabur ikan di Pea Roba.
Menurut politisi Nasdem ini, tadinya restocking bibit ikan untuk perairan di Kabupaten Samosir tidak ada dalam program kerja Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Sumatera Utara. Karena mereka saat ini fokus merestocking ikan air payau (campuran air tawar dan air laut).

"Namun berkat usulan dan dorongan DPRD Samosir melalui Komisi II, akhirnya kita dapat bantuan bibit ikan yang kita tabur hari ini disejumlah pea," ungkap Polma.

Ditambahkan Wakil Ketua DPRD Samosir, Nasip Simbolon, kedepan DPRD bersama pemerintah Kabupaten Samosir akan rutin merestocking bibit ikan di berbagai pea. Untuk itu, pihaknya meminta para kepala desa yang menginginkan bibit ikan agar membuat permohonan.
Wakil Ketua DPRD, Nasip Simbolon bersama wakil ketua komisi II, Polma Hasehaton Gurning tabur ikan di Pea Aek Tawar.
"Nanti kami (DPRD) bersama pemkab akan mendorong pengadaan bibit ikan tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menyambut baik acara resctoking benih ikan ini. Dikarenakan acara tersebut sangat positif dan sangat bermanfaat bagi masyarakat, nantinya masyarakatlah yang menerima manfaatnya.

Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada DPRD Samosir atas kerjasama dengan Pemerintah (Dinas Pertanian) yang telah mengajukan permohonan/proposal kepada Pemerintah Provsu sehingga terselenggaranya penaburan benih ikan tersebut.
Wakil Ketua DPRD bersama Wakil Ketua Komisi II tabur ikan di Pea Porohan.
"Restocking ini kita lakukan untuk meningkatkan stok sumber daya perikanan. Sehingga kita minta agar masyarakat dapat menjaga kelestarian benih ikan ini. Tunggu berkembang biak dulu, baru bisa ditangkap," kata Rapidin Simbolon.

Kepada Dinas Pertanian, Bupati menghimbau  agar kegiatan seperti ini terus dilaksanakan di seluruh pea-pea yang ada di Samosir. Bahkan dirinya menegaskan pengadaan bibit bisa memanfaatkan balai benih ikan milik Kabupaten Samosir.(SBS).
×
Berita Terbaru Update