-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Pemkab Samosir Bentuk Satgas Pencegah Virus Corona

Selasa, 17 Maret 2020 | 16.00 WIB Last Updated 2020-03-17T10:45:42Z
Wakil Bupati Samosir memimpin rapat koordinasi antisipasi penularan virus Covid 19.
Samosir(DN)
Pemerintah Kabupaten Samosir yang dipimpin Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dan didampingi Sekda Jabiat Sagala pimpin rapat koordinasi antisipasi/pencegahan penularan virus covid 19.

Hadir pada rapat tersebut Forkopimda, Asisten II dan Asisten III,  OPD, Para Camat, Para Lurah/Kades, pimpinan BUMN/BUMD se- Kabupaten Samosir, Selasa (17/03/2020) di Aula Kantor Bupati Samosir.

Rapat ini merupakan tidaklanjut Surat Keputusan Presiden RI nomor 7 Tahun 2020 tentang gugus tugas percepatan penaganan corona virus disease 2019 dan Instruksi Gubsu Nomor 188.54/2/INST/2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap corona virus disease (COVID - 19).

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Samosir mengusulkan beberapa strategi penyelesaian yaitu pencegahan sebelum datang virus ke Samosir dengan menginformasikan seluas luasnya tentang virus corona kepada masyarakat.
Rapat antisipasi penularan virus Covid 19 di Samosir.
"Dihimbau agar setiap warga masyarakat meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin c seperti jambu kelutuk, tidak merokok, menghindari keramaian," ujarnya.

Selain itu, ia juga menghimbau agar menghindari kontak badan dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun, menghindari keluar rumah, menghindari perjalanan keluar kota, onan pasar sebelum buka dan tutup disemprot desifektan.

Untuk pintu masuk ke Samosir agar dapat menyaring warga yang keluar masuk dengan detektor infra red.
Rapat koordinasi antisipasi penularan virus Covid 19.
"Menanggulangi dengan cepat dan tanggap jika sudah ada yang terinfeksi oleh dinas kesehatan sehingga perlu ada simulasi rutin oleh petugas kesehatan, penyediaan fasilitas ruang isolasi," pungkas Juang Sinaga.

Wabup juga meminta agar dibentuk tim pemutus (satuan tugas) mata rantai penyebaran wabah virus corona pada objek-objek vital.

Pada kesempatan ini Forkopimda Kabupaten Samosir siap mendukung setiap kebijakan, dan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam upaya penanggulangan wabah virus corona agar terhindar dari masyarakat Kabupaten Samosir.

Dalam hal anggaran, Wakil DPRD Kabupaten Samosir, Nasip Simbolon mengatakan akan mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam mengajukan diskresi anggaran dalam penyediaan setiap fasilitas antisipasi pencegahan penularan covid 19.

"Mari satukan tekad mencegah penyebaran wabah virus corona dengan menjaga stamina tubuh dan mengikuti anjuran dan petunjuk yang diberikan petugas serta kebersihan lingkungan dari Bumi Samosir," ujarnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update