-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

KPU Samosir Gelar Simulasi Putungsura dan Penggunaan Sirekap di Kecamatan Palipi

Selasa, 30 Januari 2024 | 15.32 WIB Last Updated 2024-01-30T11:35:23Z
Simulasi pemungutan suara yang digelar KPU Samosir di Kecamatan Palipi.
Samosir(DN)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara (Putungsura) serta penggunaan aplikasi Sirekap untuk Pemilu 2024, Selasa (30/1/2024) di lapangan HKBP Mogang Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir.

Dalam simulasi yang diikuti oleh PPK se-Kabupaten Samosir dan PPS se-Kecamatan Palipi ini, KPU menyesuaikan kondisi tata letak pemungutan suara hingga kategori pemilih dengan kondisi sebenarnya.

Ketua KPU Kabupaten Samosir Vincentius AP Sitinjak, mengatakan bahwa simulasi ini salah satunya bertujuan untuk mempersiapkan bimbingan teknis bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Tujuannya adalah kita sebarkan ke seluruh PPK, PPS, dan KPPS untuk membantu dalam rangka bimbingan teknis [bimtek] simulasi pemungutan dan perhitungan suara di Pemilu 2024,” katanya.
Simulasi pemungutan suara yang digelar KPU Samosir.
Ditambahkan Komisioner KPU Kabupaten Samosir, Citra Dewi Simbolon mengungkapkan, bahwa aplikasi Sirekap merupakan perangkat aplikasi berbasis teknologi informasi dan berfungsi sebagai sarana publikasi hasil penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, serta alat bantu dalam pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan di TPS.

"Dimana Sirekap Mobile akan digunakan oleh KPPS dalam memotret formulir C-Hasil Plano menggunakan smartphone berbasis android dan Sirekap Web digunakan PPK sebagai bahan rekapitulasi di tingkat Kecamatan serta rekapitulasi di tingkat Kabupaten oleh KPU," ujarnya.

Pantauan wartawan di lokasi, para petugas KPU Samosir mensimulasikan tata cara pencoblosan. Termasuk perbedaan yang terlihat di Pemilu 14 Februari mendatang dengan pemilu-pemilu sebelumnya.(red).
×
Berita Terbaru Update