-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Pemkab Samosir Sambut Kedatangan Peserta Festival Penulis Danau Toba 2023

Selasa, 26 September 2023 | 04.59 WIB Last Updated 2023-09-26T08:01:28Z
Pj. Sekretaris Daerah Rita Tavip Megawati, S.Sos, M.Si menjamu makan malam dan menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta Festival Penulis Danau Toba (Lake Toba Writers Festival) 2023.
Samosir(DN)
Bupati Samosir diwakili Pj. Sekretaris Daerah Rita Tavip Megawati, S.Sos, M.Si menjamu makan malam dan menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta Festival Penulis Danau Toba (Lake Toba Writers Festival) 2023 yang digelar oleh Indonesia WISE di Rogate Beach Hotel, Desa Unjur, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Senin (25/9).

Turut mendampingi Pj. Sekda, Kadis Budpar Tetti Naibaho, S.Sos, Camat Simanindo Hans R. Sidabutar, SSTP beserta sejumlah perwakilan OPD.

CEO PT. Indonesia WISE (Winning Innovation Sustainability Excellence) Amol Titus menyampaikan Festival Penulis Danau Toba 2023 adalah sebuah kolaborasi pecinta Danau Toba, Budaya Batak, Karya Tulis Kreatif, yang berupaya meningkatkan daya tarik dan inspirasi.

Edisi perdana ini akan berlangsung 26-27 September 2023, dengan menghadirkan para penulis, seniman kreatif, pembaca, guru dan penggemar budaya dari Sumut, Indonesia bahkan luar negeri. 

Amol Titus mengatakan sejatinya festival ini bertujuan untuk membantu melestarikan Bahasa dan Opera Batak yang sangat membutuhkan dukungan kebangkitan dan jangkauan luas bagi khalayak.

Selain itu, festival ini juga akan berupaya mempromosikan pariwisata berkelanjutan dengan mendorong bisnis dan vendor lokal.

"Juga akan dilakukan pemberian CSR berupa sumbangan buku untuk perpustakaan lokal, peningkatan kapasitas bahasa bagi guru sekolah, mendorong para penulis lokal dan pemuda, serta menggelar bazar UMKM lokal," ujarnya.

Dalam festival ini akan dihadirkan para narasumber yang merupakan sastrawan, pegiat budaya dan penulis, diantaranya Saut Poltak Tambunan, Thomson Hutasoit, Sepwan Sinaga, Robert Sibarani, Budi Hutasuhut, Jones Gultom, Marta Pardede dan lainnya.

Pj. Sekretaris Daerah Rita Tavip Megawati, S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Festival Penulis Danau Toba 2023 yang digagas oleh Amol Titus dari Indonesia WISE.

"Kami berterima kasih karena telah memilih Samosir sebagai tuan rumah pelaksanaan event yang sungguh sangat bermakna ini. Kami menyampaikan selamat datang di Samosir Negeri Indah Kepingan Surga, Titik Awal Peradaban Batak, selamat menikmati keindahan alam selama berada di Samosir," kata Rita.

Rita berharap festival ini akan berkelanjutan di tahun mendatang, karena diyakini melalui even ini nama Samosir dan Danau Toba akan semakin mendunia melalui tulisan dan karya seni serta akan membangkitkan geliat menulis dan membaca yang hampir tergerus.

Tidak hanya itu saja, melalui festival ini diharapkan akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan, lama tinggal dan spending wisatawan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.(infosamosir).
×
Berita Terbaru Update