-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

TP. PKK Provsu Evaluasi UP2K ke Desa Lumban Suhisuhi Toruan

Selasa, 08 Agustus 2023 | 22.38 WIB Last Updated 2023-08-09T04:40:38Z
TP. PKK Provinsi Sumut evaluasi ke Samosir.
Samosir(DN)
Tim Evaluasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan ke Desa Lumban Suhisuhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Selasa (8/8). 

Kunjungan ini dalam rangka melakukan penilaian lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023, dimana Desa Lumban Suhisuhi Toruan lolos ke 7 (tujuh) besar kategori Kabupaten.

Tim Evaluasi TP. PKK Provinsi Sumatera Utara yang hadir diantaranya Ny. Bidasari, Ny. Azizah Lubis dan Ny. Deliana, diterima oleh Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM, didampingi Ketua TP. PKK Kabupaten Ny. Harta R. Martua Sitanggang, Asisten III Drs. Waston Simbolon, Kadis Sosial PMD F. Agus Karokaro, Kadis Kesehatan dr. Dina Hutapea, Camat, TP. PKK Kabupaten, TP. PKK Kecamatan Pangururan, Kepala Desa dan TP. PKK Lumban Suhisuhi Toruan.

Dalam sambutannya Ketua TP. PKK Samosir Ny. Harta R. Martua Sitanggang menyampaikan, secara umum hasil pembinaan 10 Program Pokok PKK di Samosir setelah melalui proses supervisi dan monitoring yang telah dilaksanakan oleh TP. PKK Provsu melalui sistem rentang kendali dan rencana kerja yang efektif dengan metode 1-3-6-9-12. Kemajuan tersebut yaitu masyarakat semakin menyadari bahwa pentingnya pembinaan 10 Program Pokok PKK dan perlunya dikembangkan potensi desa sesuai dengan kearifan lokal.

Desa Lumban Suhisuhi Toruan sebagai desa binaan UP2K telah mecapai kemajuan dan perkembangan diantaranya semakin berkembangnya usaha yang dirintis dan bermuara pada peningkatan pendapatan ekonomi keluarga, munculnya produk turunan serta produk pengolahan limbah, sistem pembayaran digital yang mendukung toko-toko PKK baik secara digital maupun fisik, terbentuknya koperasi perempuan, terbentuknya kemitraan antara BUMDes dengan UP2K PKK, produk sudah bersertifikasi halal,  dan mendapat prestasi Juara 1 Vlog Tingkat Nasional serta Kader Inspiratif PKK Terbaik dalam rangka peringatan HKG PKK Ke-51.

"Saya berharap Tim Evaluasi dari Provsu dapat menjadikan Desa Lumban Suhisuhi Toruan sebagai salah satu juara dikategori ini, sehingga Samosir semakin dikenal melalui Desa Lumban Suhisuhi Toruan," harap Ny. Harta.

Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM dalam arahannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Tim Evaluasi dari  PKK Provsu. Semoga panorama keindahan alam Samosir dapat membahagiakan kepada tim selama melakukan evaluasi di Samosir.

Pelaksanaan kegiatan ini adalah melakukan verifikasi dan validasi serta mengevaluasi program kerja UP2K yang sudah terlaksana  di Desa Lumban Suhisuhi Toruan sebagai nominator perlombaan UP2K Tingkat Provsu. 

Kegiatan UP2K merupakan salah satu perwujudan sinergitas antar pemangku kepentingan termasuk dengan mitra kerja dalam mewujudkan visi Kabupaten Samoair sebagaimana yang diamanatkan dalam Perda No. 3 Tahun 2021 tentang RPJMD 2021-2026, yakni terwujudnya masyarakat Samosir yang Sejahtera dan Bermartabat secara Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan.

"Kami juga mengharapkan peran serta TP. PKK dalam mensejahterakan masyarakat Samosir sebagai destinasi super prioritas dan titik awal peradaban Batak, melalui 10 Program Pokok PKK," kata Martua.
 
Martua menambahkan, demikian juga dengan program nasional dalam penanganan stunting yang ditargetkan di angka 14 %, dengan penerapan 10 program pokok PKK yang diintegrasikan dengan program pemerintah daerah, akan dapat diwujudkan.

Lebih lanjut, Wabup Martua Sitanggang berharap agar TP. PKK Kabupaten terus membangun komunikasi yang efektif dengan TP. PKK Provsu agar terwujud kolaborasi program pembinaan yang bermanfaat di Kabupaten Samosir.

"Semoga Desa Lumban Suhisuhi Toruan mendapat hasil yang baik dan bisa meraih juara Tingkat Provsu," katanya mengakhiri sambutannya.

Ketua TP. PKK Provsu Ny. Edi Rahmayadi yang diwakili oleh Ny. Bidasari dalam arahannya menyampaikan selamat kepada Desa Lumban Suhisuhi Toruan yang telah berhasil lolos ke 7 (tujuh) besar kategori Kabupaten dalam Lomba UP2K dalam rangka HKG PKK Tahun 2023.

"Kami sangat mengapresiasi atas kesiapan daerah ini dalam mengikuti dan mensukseskan evaluasi PKK pada tahun ini," katanya.

Lebih lanjut disampaikan, rangkaian kegiatan ini merupakan sebuah keistimewaan dan kebanggaan daerah berprestasi, karena mampu mencapai tahap evaluasi serta bersaing ketat untuk lolos masuk nominasi hasil monitoring yang telah terlaksana.

Secara umum, kegiatan evaluasi ini meliputi bidang kelembagaan, bidang administrasi dan bidang kelompok kerja yang mengelola 10 Program Pokok PKK secara khusus usaha peningkatan pendapatan keluarga.

Ny. Edi Rahmayadi menambahkan, penting untuk diperhatikan bahwa tahap evaluasi ini hanya untuk menetukan peringkat Juara I sampai dengan Juara Harapan IV untuk kategori Kabupaten. 

"Untuk itu laksanakan yang terbaik untuk menjadi  yang paling baik. Namun jangan jadikan kejuaraan sebagai akhir segalanya. Mari sejahterakan keluarga dan berdayakan segala potensi yang dimiliki serta minimalkan berbagai masalah yang ada demi PKK Jaya dan Sumut yang Bermartabat," tutupnya.(infosamosir).
×
Berita Terbaru Update