-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Musrenbang RKPD 2024: Bupati Samosir Ajak Stakeholder Bangun Sinergitas dan Kolaborasi

Senin, 13 Maret 2023 | 22.25 WIB Last Updated 2023-03-13T15:25:28Z
Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir tahun anggaran 2024.
Samosir(DN)
Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Samosir tahun 2024 di JTS Hotel Parbaba, Kecamatan Pangururan, Senin (13/3).

Hadir dalam musrenbang tersebut mewakili Gubsu, Inspektur Provinsi Sumatera Utara Lasro Marbun, narasumber Yusrizal Batubara (BKKBN Sumut), Ihsan Azhari (Bappeda Litbang Provsu), Unggul Sitanggang (Dinas Koperasi dan UKM Sumut), Freddy Situngkir (BPS Samosir).

Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir tahun 2024 mengangkat tema: “Penguatan Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Perekonomian, Kesehatan dan Pendidikan”.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Samosir Rajoki Simarmata dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan musrenbang dimaksudkan untuk membahas rancangan RKPD Kabupaten Samosir tahun 2024, dengan tujuan menyepakati permasalahan dan isu strategis pembangunan daerah tahun 2024.

"Samosir adalah mozaik yang tertidur. Walaupun akhir-akhir ini topik diskusi dan diskursus diantara pemangku kepentingan. Diskursus itu adalah hal yang lumrah, karena  hal itu perlu. Namun yang terpenting adalah di penghujung diskursus itu ada kesepakatan bahwa kita harus maju bersama," ujar Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Inspektur Provsu Lasro Marbun dalam sambutannya.

Dikatakan, bahwa dalam menyusun RKPD, perlu diperhatikan beberapa hal. Diantaranya, seluruh pemangku kepentingan harus meperhatikan target-target yang sudah ada dalam RPJMD, memperhatikan hasil evaluasi RKPD tahun lalu dan mempertimbangkan program strategis tingkat nasional dan provinsi.

Lasro mengajak seluruh komponen bangsa untuk seia sekata dan bersinergi untuk memajukan Kabupaten Samosir. "Marilah kita melayani dengan visi dan misi, program prioritas, kegiatan strategis daerah untuk mewujudkan mimpi bersama membangun Samosir," ajaknya.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST dalam sambutannya menyampaikan musrenbang yang dilaksanakan hari ini memiliki makna yang sangat strategis, karena merupakan penjabaran ke-3 dari RPJMD Samosir 2021-2026.

Oleh karenanya diharapkan saran dan masukan dalam upaya bersama-sama mewujudkan percepatan dalam membangun Samosir. "Hari ini adalah puncak dari rangkaian proses yang sangat panjang. Melalui musrenbang RKPD tahun 2024 ini, sebagai wadah untuk merangkum, menyelaraskan serta mensinergikan atas semua program kabupaten dengan provinsi dan nasional," kata Bupati Vandiko.

Untuk mendapatkan dokumen RKPD 2024 yang berkualitas, terintegrasi dan responsif, Vandiko meminta pemimpin dan aparatur perangkat daerah serta seluruh stakeholder yang terkait, menjalin sinergitas dan kolaborasi, baik melalui langkah-langkah inovasi maupun melalui perluasan jejaring pembangunan lintas sektor.

"Sehingga dengan demikian, penyelenggaraan pembangunan pada 2024 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel, sekaligus mampu menjawab isu-isu yang strategis dan tantangan yang ada, secara tepat dan tuntas," pungkasnya.(ril).
×
Berita Terbaru Update