-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Marojahan Situmorang Nahkodai ISKA Cabang Samosir

Jumat, 07 Oktober 2022 | 06.26 WIB Last Updated 2022-10-07T08:42:38Z
Pelantikan pengurus ISKA Cabang Kabupaten Samosir.
Samosir(DN)
Marojahan Situmorang SE, ME nahkodai kepengurusan Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Cabang Kabupaten Samosir, masa bakti 2022-2026.

Kepengurusan Cendikiawan Katolik Cabang Samosir ini, dilantik oleh Ketua Presidium Pengurus Pusat ISKA, Dr. Luky Yusgiantoro, yang diwakili Prasetyo Nurhardjanto, S.Sos., MM, selaku Presidium Teknologi Informasi dan SDM Dewan Pengurus Pusat ISKA, Kamis, 6 Oktober 2022 di Hotel JTS-Parbaba Pangururan.
Pelantikan yang dirangkai dengan dialog publik bertemakan, 'Peranan Cendikiawan Katolik dalam mendukung Danau Toba sebagai destinasi pariwisata nasional untuk kebaikan bersama,' tersebut diawali dengan misa kudus yang dibawakan Vikaris Episkopal St Thomas Rasul, RP. Ambrosius Nainggolan, OFM Cap bersama Pastor Paroki Pangururan, Pastor RP. Masseo Sitepu, OFM Cap.

Turut hadir dalam pelantikan, Sekdakab Samosir, Hotraja Sitanggang Wakapolres Samosir, Kompol Togap Lumban Tobing SH MH, Prasetyo Nurhardjanto, S.Sos., MM (Presidium Teknologi Informasi dan SDM Dewan Pengurus Pusat ISKA), Rektor Unika Parahyangan Bandung, Dr. Mangadar Situmorang bersama rombongan, para Penasehat ISKA DPC Samosir dan narasumber dialog publik serta tamu undangan.
Sambutan Ketua DPC ISKA Kabupaten Samosir, Marojahan Situmorang SE, ME.
Dalam sambutannya, Ketua DPC ISKA Kabupaten Samosir, Marojahan Situmorang SE, ME menyampaikan terimakasih kepada Ketua Presidium Pengurus Pusat ISKA yang telah berkenan menetapkan berdirinya ISKA cabang Samosir beserta susunan kepengurusannya untuk periode 2022-2026.

Dikatakan Marojahan, ISKA adalah organisasi kemasyarakatan yang bercirikan kebangsaan, keilmuan dan kecendikiawanan yang dijiwai oleh semangat kekatolikan. Oleh sebab itu, hadirnya ISKA di Kabupaten Samosir patut disyukuri, karena setelah penantian yang panjang, hari ini secara resmi boleh turut serta memberi warna dalam pembangunan Kabupaten Samosir bersama ormas lainnya.

Marojahan menekankan bahwa ISKA, sekalipun bercirikan keilmuan dan kecendikiawanan, bukanlah kumpulan para pakar atau ahli. Tetapi lebih kepada wadah atau rumah bersama para sarjana katolik untuk senantiasa mengembangkan sikap kritis, peduli dan arena diskusi untuk memunculkan ide-ide atau gagasan yang bermanfaat bagi kemanusiaan.

"Dalam konteks Kabupaten Samosir dan kawasan Danau Toba, kehadiran ISKA ingin memberi warna agar harmoni senantiasa terjaga, khususnya dalam pengembangan kepariwisataan menuju Bali baru sebagaimana dicanangkan pemerintah. Tetapi kearifan lokal yang bercirikan nilai-nilai kekristenan dan budaya serta perlindungan terhadap alam dan lingkungan hidup dapat tumbuh seiring sejalan secara berkelanjutan," ungkap Ketua DPC ISKA Kabupaten Samosir, Marojahan Situmorang SE ME.

Mengakhiri sambutannya, Marojahan menyadari, sebagai cabang yang baru, banyak sekali kelemahan khususnya karena keterbatasan dalam memetakan kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan yang semestinya menjadi modal dasar ISKA di Kabupaten Samosir ini.

"Oleh sebab itu, kami mengundang para bapak dan ibu segenap sarjana dan cendikiawan Katolik untuk bergabung dan bersama-sama memberikan ide, gagasan, pemikiran dan karya-karya nyata yang bermanfaat. Kami juga meminta dukungan dari para pastor dan parokus di empat paroki se-kabupaten Samosir. Tanpa dukungan gereja, ISKA tidak dapat berbuat apa-apa," harapnya.
Dialog publik bertemakan, 'Peranan Cendikiawan Katolik dalam mendukung Danau Toba sebagai destinasi pariwisata nasional untuk kebaikan bersama.
Sementara itu, Ketua Presidium Pengurus Pusat ISKA, Dr. Luky Yusgiantoro, yang diwakili Prasetyo Nurhardjanto, S.Sos., MM, selaku Presidium Teknologi Informasi dan SDM Dewan Pengurus Pusat ISKA, mengharapkan ISKA cabang Kabupaten Samosir menjadi organisasi yang inklusif.

Pihaknya juga mengharapkan ISKA menjadi rumah bersama yang terbuka untuk dialog dan yang tidak kalah penting, sambung Prasetyo, kepengurusan ISKA cabang Samosir yang baru dilantik hari ini, akan memasuki tahun politik di 2024.

"Karena itu, kami mengharapkan kita semua berdiri sebagai organisasi intelektual yang bebas dari kepentingan politik praktis. Setiap kader ISKA diundang untuk selalu berdiri sama tinggi, duduk sama rendah dalam menuju proses politik yang bermanfaat," pungkasnya.

Seusai pelantikan pengurus ISKA, acara dilanjutkan dengan keynote speech Sekdakab Samosir Hotraja Sitanggang terkait pengembangan pariwisata dalam RPJMD Kabupaten Samosir.

Selanjutnya, dialog publik yang dimoderatori Drs. Ombang Siboro M.Si, dengan narasumber Prasetyo Nurhardjanto, S.Sos., MM, selaku Presidium Teknologi Informasi dan SDM Dewan Pengurus Pusat ISKA, Sinta Mauly Agnes Tamba, SH, MKn, rektor Unika Parahyangan Bandung bersama dosen, Dr. Mangadar Situmorang dan Dr.iur. Liona Nanang Supriatna SH, M.Hum serta Vikaris Episkopal St Thomas Rasul, RP. Ambrosius Nainggolan, OFM Cap.

Adapun susunan pengurus dewan pimpinan cabang Ikatan Sarjana Katolik Indonesia Kabupaten Samosir untuk periode 2022-2026 yakni,
Marojahan Situmorang SE ME mengibarkan bendera ISKA.
Penasehat :
1. Vikaris Episkopat St. Thomas Rasul Samosir
2.Drs. Rapidin Simbolon, MM
3.Hotraja Sitanggang, ST, MM
4.Ir. Ober Gultom
5.Harry Bos Sidabutar
6.Parluhutan Samosir SP., M.Si
7.Pilipus Pandiangan
8.Drs. Ombang Siboro, M.Si
9.Monang Sinaga
10. Sinta Mauly Agnes Tamba, SH, MKn
11. Fransiskus Star Sitanggang, SE
12. Drs. Tunggul Sinaga, M.Si
13. Rohani Bakara, S.Pd., MM

Dewan Pakar
1.Marlon Hendrikus Simanjorang, SH. MKn.
2.Rajoki Simarmata, SE, M.Si
3.Dr. Tumiur Gultom, SP, MP
4.Pilippi Simarmata, S.Si
5.Lamhot Nainggolan, SH, MH
6.Marolop Situmorang, SH
7.Saiful OS. Situmorang, SE
8.Paima Patricius Saing, A.Ag, M.Si 9.dr.Friska Situmorang

Moderator : RP. Masseo Sitepu, OFM Cap

Ketua : Marojahan Situmorang, SE, ME
Wakil Ketua 1 : drh. Carter Silverius P. Sitanggang
Wakil Ketua 2 : Herdi Antonius Marbun, ST
Sekretaris : Murid Gultom, S.Pd
Wakil Sekretaris 1 : Dewi Junita Sinaga, S.AP
Wakil Sekretaris 2 : Krismanto Manik, SKM, M.Si

Bendahara : Septi Mustika, SH, MKn
Wakil Bendahara 1 : Joel Situngkir, SE
Wakil Bendahara 2 : Dicky Gultom, S.Hut

Bidang – Bidang

Bidang Dialog dan Hubungan Antar Agama
Ketua : Berman Manulang, S.Ag
Anggota :
1. Gubel Simanjorang, S.Pd
2. Artha Ully Tambunan, SH, MKn
3. Lukas Mangara Tua Sinaga, ST

Bidang Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Ketua : Eybarda Simbolon, S.Si
Anggota :
1. Ramses Tampubolon, S.Pd
2. Boyan Siahaan, S.Si
3. Baharuddin Simbolon, S.Pd

Bidang Sosial dan Kebudayaan
Ketua : Patar Simbolon, S.Ag
Anggota :
1. Parlagutan Simbolon, S.Pd
2. Junedi Sitanggang, S.Pd
3. Rida Agnes Situngkir, S.Kep

Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan
Ketua : Choky Sani Manondang Sidabutar, SH
Anggota:
1. Mutiara Yosephin Nauli Purba, SH, MKn
2. Paulus Alfonsus M.Silalahi, Amd
3. Elman Silalahi, SP

Bidang Perekonomian
Ketua : Untung Situmorang, SE
Anggota :
1. Magdawaty Arimbi, SSi, Apt, ME
2. Joshua Farady Purba, S.Sos
3. Silvia C.Panggabean, SAB, MAB

Bidang Organisasi dan Keanggotaan
Ketua : Rihard Pardosi, SE
Anggota :
1.Caston Situmorang, S.Pd
2. Pirtahap Sitanggang, SE
3. Rohasianna Ginting, S.Sos

Bidang Komunikasi dan Inovasi
Ketua : Holmes Sitohang, S.Kom
Anggota :
1. Novalina Fransiska Siboro, SE
2. Dameuli Silalahi, SE, MPP
3. Pranciscus Pasaribu, SH.(SBS).
×
Berita Terbaru Update