-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Perbukitan di Samosir Terbakar

Minggu, 07 Agustus 2022 | 20.06 WIB Last Updated 2022-08-08T03:08:03Z
Kebakaran perbukitan di Samosir pada malam hari.
Samosir(DN)
Terjadi kebakaran di perbukitan wilayah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Si jago merah melahap dua daerah, yakni di perbukitan Sijuk-juk, Kecamatan Pangururan, dan perbukitan Siarubung, Kecamatan Harian.

Kepala Satpol PP Kabupaten Samosir Victor Roi Jans Pasaribu mengatakan pihaknya mengetahui kebakaran awalnya pada Kamis (4/8) di daerah perbukitan Sijuk-juk dan berhasil dipadamkan pada hari itu juga.

"Di perbukitan Sijuk-juk itu ada 5 titik yang kita padamkan api. Itu dari bawah ke atas," katanya saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (7/8/2022).

Dia mengatakan setelah api padam di perbukitan Sijuk-juk, rupanya api kembali muncul di daerah lain hingga ke perbukitan Siarubung pada Jumat (5/8) pagi.

Pihaknya pun mencoba untuk memadamkan api dengan tenaga manusia. Pasalnya, bila melakukan pemadaman menggunakan mobil pemadam kebakaran tidak bisa ke lokasi.

Tepatnya sekitar pukul 19.30 WIB, dapat informasi di daerah Rumah Hela, Samosir terbakar. Dikatakan saat itu kobaran api cukup besar sehingga pihaknya tidak mampu memadamkan api.

"Terakhir Manggala Agni lah yang naik ke atas untuk memadamkan api secara manual bersama TNI-Polri. Sampai akhirnya subuh tadi bisa dipadamkan," sebut Victor.

"Terkait penyebab kebakaran, ini ada dua kemungkinan. Pertama, ada oknum yang melempar rokok tanpa disadari lalu dihembus angin dan terjadi kebakaran. Nah, kedua, ini sepertinya disengaja, bukan cuma tadi itu penyebabnya," tambahnya.

Menurutnya pula, kebakaran tersebut sepertinya bukan terjadi karena fenomena alam. Seperti kebakaran yang sempat terjadi di perbukitan Kabupaten Samosir pada Juli 2022 lalu.(red/dtc).
×
Berita Terbaru Update