-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Melalui Data, BPS Diharapkan Bantu Samosir Capai Target Pembangunan

Jumat, 13 Mei 2022 | 00.03 WIB Last Updated 2022-05-12T17:03:00Z
Audiensi BPS Samosir ke Bupati Vandiko Gultom.
Samosir(DN)
Bupati Samosir Vandiko T. Gultom didampingi Pj. Sekda Hot Raja Sitanggang, Plt Kadis Kominfo Ricky Rumapea, menerima audiensi Badan Pusat Statistik (BPS) Samosir, di ruang kerjanya, Kamis (12/5).

Pada kesempatan ini, Kepala BPS Samosir Freddy Situngkir, didampingi Pranata Komputer Ahli Muda Wivo Prawiska Sinaga, Statistisi Ahli Muda Roni Afrianto Hutapea, Statistisi Ahli Muda Amudi Pandapotan Saragih, dan Statistik Pertama Nancy Nenna Ibella Simarmata.

Mengawali pertemuan, Kepala BPS Samosir, Freddy Situngkir menjelaskan maksud dan tujuan audiensi tersebut. Pihaknya ingin mendukung dan menyukseskan target pembangunan di Kabupaten Samosir dan menunjang pembuatan kebijakan di daerah berdasarkan data.

Selain itu juga, Kepala BPS meminta dukungan Pemkab Samosir dalam menyukseskan Sensus Penduduk Lanjutan 2020.

Kepala BPS juga memaparkan data-data pembangunan Kabupaten Samosir dilihat dari angka, dalam hal ini disampaikan potret dan target indikator makro Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Samosir.

Dari data yang dipaparkan, Pemerintah Kabupaten Samosir sudah mencapai beberapa target indikator RPJMD. Salah satu point yang harus dikejar adalah pertumbuhan ekonomi, yang terhempas pandemi Covid-19.

"Kita sangat mengapresiasi konsep yang diusung Bupati Samosir dalam mendukung pengembangan UMKM, karena dinilai akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Samosir, termasuk juga program Bunga Desa yang diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di desa," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Samosir, Vandiko Gultom mengapresiasi audiensi itu, karena mampu membuka cakrawala dan potret pembangunan Kabupaten Samosir secara statistik dan angka, yang kemudian akan membantu dalam mengejar indikator target pembangunan daerah yang masih tertinggal.

Kedepan, bupati mengharapkan seluruh jajarannya untuk menggandeng BPS dalam penyusunan dokumen perencanaan tahunan, agar data yang disajikan BPS dapat menjadi acuan dalam pencapaian target-target tahunan dan menganalisa indikator target pembangunan, termasuk didalamnya sebagai kerangka dalam melakukan akselerasi untuk meningkatkan kesehjateraan masyarakat.

"Kita optimis perekonomian di Kabupaten Samosir akan segera pulih seiring dengan meningkatnya investasi pemerintah, swasta, peningkatan UMKM dan geliat pariwisata di Kabupaten Samosir yang akhir-akhir ini kembali membaik," kata Vandiko.

Terakhir, dirinya meminta BPS bisa terus memberikan saran dan masukan bagi Pemkab Samosir dari sisi data, dan dan saling bahu membahu untuk memajukan pembangunan dan kesehjateraan masyarakat di Kabupaten Samosir.(red).
×
Berita Terbaru Update