-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Jokowi Tinjau Penataan Dua Objek Wisata Ikonik di Samosir

Rabu, 02 Februari 2022 | 19.08 WIB Last Updated 2022-02-02T15:21:35Z
Kunjungan Presiden Jokowi di Kampung Ulos Hutaraja.
Samosir(DN)
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Sumut, Rabu (2/2). Salah satu yang menjadi perhatian Presiden RI ini adalah penataan dua objek wisata di Pulau Samosir.

Dua objek wisata tersebut adalah Huta Siallagan, Kecamatan Simanindo dan Hutaraja, Kecamatan Pangururan. Dua tempat wisata ini merupakan objek wisata ikonik di Pulau Samosir.

Di Hutaraja penataan yang dilakukan antara lain pembangunan dan revitalisasi Rumah Bolon, Tourist Information Centre (TIC), amphitheater, plaza dan toilet umum. Penataan ini memakan biaya sekitar Rp25,8 miliar yang sudah dimulai sejak tahun 2021 oleh Kementerian PUPR.

Kunjungan Jokowi ini disambut Bupati Samosir Vandiko T Gultom didampingi Wakil Martua Sitanggang dan tokoh masyarakat, di Dermaga Ambarita.

Dan didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Menteri Marves Luhut Binsar Panjaitan, Menparekraft Sandiaga Solahuddin Uno dan Menteri PUPR M Basoeki Hadimoeljono.

"2,5 tahun yang lalu saya ke sini, sekarang betul-betul kelihatan penataannya itu sangat baik sekali," ungkap Jokowi, saat meresmikan Kampung Ulos melalui penandatanganan Prasasti Penataan Kampung Ulos Huta Raja.

Dia berharap penataan Kampung Ulos bisa dikerjakan dengan baik dan benar. "Semoga revitalisasi ini konservasi budaya ini warisan pusaka yang kita miliki di Kampung Ulos Huta Raja ini betul-betul bisa kita kerjakan," tambah Jokowi.

Seusai peresmian, Jokowi mengelilingi kawasan perkampungan Hutaraja, tampak Presiden berbincang dengan warga yang keseharian bekerja sebagai pengerajin kain ulos (Kain Khas Batak).

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga meresmikan tujuh pelabuhan penyeberangan dan empat kapal motor penumpang (KMP) di Kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, pada Rabu, 2 Februari 2022.

Presiden berharap pelabuhan penyeberangan dan KMP yang telah diresmikan dapat mendukung keberadaan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Tanah Air.(red).
×
Berita Terbaru Update