-->

Notification

×

iklan

Iklan

FB-IMG-16165485030001093

Kerap Bikin Bingung Karena Mirip Polisi, Seragam Satpam Bakal Diganti

Kamis, 13 Januari 2022 | 12.59 WIB Last Updated 2022-01-13T18:01:28Z
Seragam Satpam yang mirip polisi.(kontan).
Jakarta(DN)
Polri sedang mengkaji perubahan warna seragam satpam. Seragam petugas satpam yang saat ini berwarna cokelat muda akan berubah menjadi warna krem.

Warna seragam satuan pengamanan (Satpam) ini pun akan berubah dua kali dalam kurun dua tahun bila rencana perubahan terbaru dari Mabes Polri terealisasi.

Pada 2020 Polri mengubah seragam Satpam dari biru menjadi cokelat. Kini, Polri berencana mengubah lagi dari cokelat menjadi krem.

"Masih dalam proses pengkajian, warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dimintai konfirmasi, Rabu (12/1/2022).

Ramadhan mengatakan seragam satpam yang saat ini terlalu mirip dengan seragam Polri yang berwarna cokelat. Menurutnya, kemiripan seragam satpam dengan polisi kerap membuat masyarakat bingung.

"Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri, sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," ucapnya.

Lebih lanjut, Ramadhan menjelaskan satpam sendiri merupakan pengembang fungsi kepolisian terbatas. Sehingga, kata Ramadhan, satpam harus memiliki identitas yang berbeda dengan Polri.

"Satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya," tutur Ramadhan.

Ramadhan mengungkapkan warna seragam satpam yang baru ini akan diperkenalkan pada HUT Satpam nanti. Seragam bakal diberlakukan usai disahkan penggunaannya.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru, dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian, dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," imbuhnya.(red/dtc).
×
Berita Terbaru Update