-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Dekat Dengan Sibea-bea, Objek Wisata Siarubung Mulai Dibuka Untuk Pengunjung

Sabtu, 22 Januari 2022 | 20.49 WIB Last Updated 2022-01-22T14:54:21Z
Wabup Samosir bersama Kadis Pariwisata dan Kades Turpuk Limbong disela-sela peresmian Bumdes Wisata Siarubung.
Samosir(DN)
Kabar gembira bagi pecinta mancing mania maupun yang suka berkemah. Pasalnya, objek wisata baru kembali hadir di Kabupaten Samosir. Kali ini, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Turpuk Limbong Kecamatan Harian, menghadirkan objek wisata yang dinamai Siarubung.

Objek wisata fishing camp ini diresmikan Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM didampingi Asisten II Setdakab Samosir Hotraja Sitanggang, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir Tetti Naibaho, Sabtu (22/01).

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Samosir saya ucapkan selamat atas diresmikannya BUMDes Wisata Siarubung  dan kepada seluruh pengelola. Mudah-mudahan BUMDes ini berjalan lancar, serta dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Turpuk Limbong secara khusus dan Kabupaten Samosir secara umum," ujar Martua saat meresmikan.

Dengan diresmikannya BUMDes Wisata Siarubung, kata Wabup, merupakan langkah awal dari implementasi tanggung jawab pengurus sebuah badan usaha dalam  pelaksanaan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat.

Martua Sitanggang berharap BUMDes Wisata Siarubung Desa Turpuk Limbong Kecamatan Harian, dapat menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat, serta mengembangkan daya saing dan daya ungkit masyarakat dalam memberdayakan potensi yang ada di desa.
Peresmian objek wisata Siarubung.
Pengelola bumdes agar aktif mencari informasi dan belajar dari bumdes yang telah sukses dalam pengelolaaan. Serta agar melibatkan warga desa dalam pengelolaan BUMDes, memberdayakan sumber daya  manusia dan mengupayakan kesejahteraan yang lebih merata," harapnya.

Pemerintah Desa, lanjutnya, agar dapat mengarahkan perkembangan BUMDes melalui penerbitan peraturan dan kebijakan, menggerakkan partisipasi masyarakat desa  dan memberikan bimbingan kepada seluruh pengelola BUMDes serta menciptakan kondisi yang kondusif dalam pengembangan BUMDes.

Sementara itu, Pelaksana Camat Harian Harry Naibaho menyatakan akan terus mengedukasi masyarakat dalam menjaga keberasihan lingkungan, ramah terhadap pengunjung dan berperanserta dalam pengembangan Pariwisata di Kecamatan Harian.

"Perlu diketahui bahwa dalam waktu dekat di Kecamatan Harian akan dibuka objek-objek wisata baru antara lain Air Terjun Amazon di Desa Sosor Dolok yang mana air terjunnya lebih besar dan tidak kalah indah dari air terjun Efrata," sebut Harry.

Kemudian, terangnya, ada Objek Wisata Alam dan Perkemahan di Desa Partungko Naginjang, objek wisata ini telah mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat, yang mana Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI telah memberikan bantuan pembangunan untuk objek ini.

"View dan keindahan objek wisata Desa Partungko Naginjang ini tidak kalah indah dengan objek wisata yang ada di daerah lain," pungkasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update