-->

Notification

×

iklan

Iklan

FB-IMG-16165485030001093

Pikat-Tipu Wanita di Samosir, Pria Ngaku Anggota TNI-AU Diamankan Polisi

Kamis, 02 Desember 2021 | 18.25 WIB Last Updated 2021-12-02T15:19:47Z
Pria yang mengaku anggota TNI-AU saat diamankan di Desa Sosor Dolok.(Polsek Harian).
Samosir(DN)
Personil Polsek Harian Boho Resor Samosir bersama Babinsa Koramil 04 Harian Boho, mengamankan seorang pria di Desa Sosor Dolok Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Kamis, 2 Desember 2021.

Pria berinisial HFN (36) diamankan karena menipu identitas dengan mengaku sebagai TNI gadungan berpangkat Sersan Mayor, juga diduga menipu seorang wanita berinisial PMS (28), warga Desa Sosor Dolok, Harian.

Hal ini dibenarkan Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH melalui Kasat Reskrim AKP Suhartono SH. "Benar, saat ini personil Polsek Harian bersama pelaku sedang menuju Polres Samosir," kata AKP Suhartono.

Diketahui, pelaku yang beralamat di Simpang Paniaran Desa Lumban Holbung Kecamatan Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara ini, mengaku sebagai anggota TNI Angkatan Udara yang berdinas di Yonif 755/Yalet Kodam Bukit Barisan.

Dijelaskan Kasat Reskrim, awalnya personil Polsek Harian Boho menerima laporan dari masyarakat. Berdasarkan informasi tersebut, Anggota Polsek Harian Brigadir Ardiansyah bersama Babinsa Koramil 04 Harian Serda Alfred Sihombing mendatangi seorang pria yang mengaku anggota TNI-AU tersebut di rumah korban di Desa Sosor Dolok.

"Ia mengaku anggota TNI-AU, setelah diinterogasi dan diminta KTA-nya, dia ngaku pecatan tentara, namun karena tidak ada kesesuaian seragam dengan KTA-nya, barulah dia mengaku bahwa dia bukan anggota TNI-AU," jelas AKP Suhartono.

Pelaku sendiri mengakui perbuatannya. Dia mengaku baru seminggu menjadi anggota TNI gadungan dan KTA-nya dicetak di Siborong-borong. Sedangkan seragamnya dibeli dari Pasar Senen Medan.

Aksinya itu dilakukan untuk mendekati wanita yang dikenalnya melalui jejaring sosial tersebut.

Pelaku dan korban, lanjut Suhartono, awalnya kenalan di media sosial Facebook. Dari perkenalan tersebut, mereka semakin akrab hingga akhirnya pria tersebut mengunjungi si wanita ke kampungnya di Desa Sosor Dolok Harian.

"Pengakuan pelaku, dia datang ke Samosir pada Selasa kemarin dan menginap di salah satu penginapan di Harian yang dibayari si wanita tersebut," ujarnya.

Beberapa hari di Samosir, si wanita mulai curiga saat si pria meminjam uang, beralasan dompetnya hilang di Sibolga.

Si Wanita curiga dan merasa ditipu bahwa pria yang ia kenal lewat facebook tersebut bukan tentara. "Atas kecurigaannya, ia pun melapor ke Polsek Harian," pungkas Kasat Reskrim Polres Samosir AKP Suhartono.(red).
×
Berita Terbaru Update