-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Ramp Door Kapal Ihan Batak Roboh, 1 Orang Tewas Akibat Mobil Terperosok ke Danau

Senin, 31 Mei 2021 | 15.42 WIB Last Updated 2021-06-01T19:08:08Z
Mobil terperosok ke Danau Toba saat dievakuasi.
Samosir(DN)
Jembatan penghubung ke dermaga (ramp door) milik Kapal Motor Penumpang (KMP) Ihan Batak yang baru sandar di dermaga Pelabuhan Ambarita Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, mendadak roboh pada Senin, 31 Mei 2021 sekira pukul 15.00 wib lewat.

Satu orang tewas dalam insiden tersebut, yakni Desy Marizdani (32), warga Jalan Gunung Martimbang III no 83 Kelurahan Rantau Laban, Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi.
Insiden itu terjadi saat sebuah mobil Avanza BK 1421 QP dari dalam perut kapal akan menyeberang ke jembatan bergerak (moviable bridge) di dermaga tersebut.

Mobil tersebut merupakan satu di antara penumpang barang yang berangkat dari Pelabuhan Ajibata, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba menuju Pelabuhan Ambarita, Kecamatan Simanindo pada pukul 14.00 WIB. 

Informasi di warga sekitaran Pelabuhan Ambarita, saat itu KMP Ihan Batak sedang melakukan bongkar muatan mobil dari dalam kapal.

Saat mobil penumpang satu per satu mulai ke luar dari dalam kapal, tiba-tiba pintu kapal yang juga dipergunakan sebagai jembatan penghubung ke pelabuhan amblas. 

Naas, amblasnya jembatan bertepatan dengan giliran ke luar mobil Avanza BK 1421 QP ditumpangi tiga warga Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara dan satu warga Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. 
Korban meninggal dunia akibat mobil terperosok ke Danau Toba.
Kejadian ini dibenarkan oleh Plt Kadis Perhubungan Samosir, Sardo Sirumapea. Dikatakan, mobil itu tercebur karena sling ramp door KMP Ihan Batak patah.

Sesuai keterangan Kepala BPTD Wil. SUMUT II, GM. ASDP Cab. Sibolga, bersama Kadishub Samosir dan Korsatpel Toba, kapal sudah sandar di dermaga Ambarita dan telah mengeluarkan mobil sebanyak 10 unit.

"Dan tiba-tiba angin kencang dan berputar yang mengakibatkan kapal maju mundur dan mengakibatkan tali tross kapal putus. Setelah kapal maju mundur, ramp door terlepas dari movable brige, sehingga rantai ramp door juga putus," jelasnya.

Ditambahkan Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH melalui Kapolsek Simanindo AKP Tumpal Tobing, di dalam mobil itu ada 4 orang penumpang dan sudah dievakuasi ke Puskesmas Ambarita.

Berikut nama korban dalam mobil yang terperosok ke Danau Toba, yakni : HJ. Farida (72), HJ. Zulkarnain Tanjung (76), Desy Marizdani (Meninggal Dunia).

Mereka semua warga Jalan Gunung Martimbang III no 83 Desa/Kelurahan Rantau Laban, Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi.

Sementara Neiny Safrina (33) warga Jalan Padang Sidempuan, Pematangsiantar.

"Setelah kejadian, korban dan mobil tersebut segera dievakuasi. Kita masih menyelidiki kejadian ini," pungkasnya.(red).
×
Berita Terbaru Update