-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Gugus Tugas Covid-19 Samosir Bantah Abaikan 10 Orang di Desa Siboro

Jumat, 22 Januari 2021 | 18.53 WIB Last Updated 2021-01-22T13:01:16Z
Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Samosir Rohani Bakkara.
Samosir(DN)
Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Samosir meluruskan terkait pemberitaan salah satu media yang mengatakan bahwa ada 10 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Desa Siboro, Kecamatan Sianjur Mulamula diabaikan Satgas.

"Informasi ini perlu kami luruskan, bahwa saudara YMPS (47 tahun), tanggal kasus 11/01/2021 isolasi mandiri, dan telah dilakukan tracing (ada 10 orang) dan semuanya negatif," kata juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara, Jumat, 22 Januari 2021.

Dijelaskan, informasi ini diperoleh dari dinas kesehatan selaku yang punya otoritas secara teknis dalam penanganan Covid-19. "Mari kita bawa dalam doa agar pasien cepat pulih," jelasnya.

Adapun update Covid-19 di Kabupaten Samosir yang diterima dari Dinas Kesehatan Samosir oleh Gugus Tugas Covid-19 Samosir hari ini, Jumat (22/1/2021), pukul 14.00 Wib, nihil kasus konfirmasi positif aktif dan sembuh.

Dengan data sebagai berikut: (1) Suspek: Nihil, (2) Probable: 1 orang, (3) Konfirmasi Positif Aktif: 24 orang, (4) Sembuh: 69 orang, dan (5) Meninggal Dunia: 5 orang dan secara kumulatif di Kabupaten Samosir menjadi 98 kasus. 

"Gugus Tugas Covid-19 Samosir tetap memantau perkembangan infeksi Covid-19 di Samosir melalui epidemiolog yang bekerja di lapangan melakukan pelacakan kontak (contact tracing) para warga yang terkonfirmasi positif aktif untuk memastikan upaya pencegahan dan pengendalian penularan Covid-19 di Samosir," terang Kadis Kominfo Samosir itu.
Peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Samosir.
Menurut perkiraan para ahli, upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan Covid-19 masih panjang. Oleh karena itu, Gugus Tugas Covid-19 Samosir mengajak masyarakat agar tetap melakukan protokol kesehatan pada saat melakukan kegiatan di luar rumah terutama pada tempat kerumunan umum. Tujuan dari protokol kesehatan adalah memperlambat atau jika mungkin menghentikan infeksi Covid-19 di Samosir. 

Upaya bersama melakukan protokol kesehatan secara masif merupakan dasar bagi kita untuk memberhasilkan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Samosir. "Mari bersama lakukan protokol kesehatan, setiap saat pada tempat-tempat yang memiliki potensi penularan yang tinggi seraya menjaga anggota keluarga kita yang masuk kelompok rentan dengan menjaga mereka secara serius," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, ada sepuluh pasien terpapar Covid 19 di Dusun Hutagalung, Desa Siboro, Kecamatan Sianjur Mula Mula kurang mendapat perhatian dari tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Samosir. Akibatnya kesepuluh pasien hanya mendapatkan bantuan seadanya dari warga sekitar dan perangkat desa.

Pemerintah Desa melalui Sekretaris Desa, Darmadi Sagala menyampaikan pihaknya, berupaya maksimal bersama warga untuk membantu kesepuluh pasien yang menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. "Kami dari desa berupaya maksimal," katanya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update