-->

Notification

×

iklan

Iklan

Kapolres Samosir Ajak Insan Pers Wujudkan Pilkada Damai

Jumat, 09 Oktober 2020 | 12.17 WIB Last Updated 2020-10-09T06:23:22Z
Kapolres Samosir AKBP M Saleh saat menyampaikan sambutannya.
Samosir(DN)
"Kami mengharapkan rekan-rekan media dapat menyampaikan informasi pemilu yang positif, menyejukkan, mendidik dan menghindari politisasi sara, tidak memihak terhadap kandidat manapun dan harus proporsional dalam pemberitaan. Agar Pilkada Samosir 2020 dapat berjalan lancar, aman, damai dan sejuk."

Hal ini disampaikan Kapolres Samosir, AKBP M Saleh mengawali sambutannya pada acara coffee morning dengan insan pers baik cetak, online, elektronik dan LSM di Aula Wira Satya Polres Samosir, Jumat, 9 Oktober 2020.

Acara yang dimoderatori Kasubbagminopsnal Ditsamapta Poldasu, Kompol Bernard Naibaho yang diperbantukan di Mapolres Samosir ini, juga dihadiri Wakapolres Samosir Kompol Rachmad Affandi, Kabag Ops Kompol Monang Sitanggang, Kasat Reskrim AKP Suhartono, Kasat Intelkam AKP Sahala Harapan dan sejumlah pejabat Polres Samosir.

Cofee morning ini bertema, meningkatkan situasi Kamtibmas yang kondusif dalam rangka mewujudkan pilkada yang aman, damai dan sejuk pada pelaksanaan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Samosir 2020 yang sedang berlangsung pada tahap kampanye.

"Kami selalu terbuka, siap bekerjasama dan bersinergi dengan insan pers serta saling mendukung untuk kebaikan bersama. Mari bersama kita wujudkan Kabupaten Samosir ini, yang dikenal dengan negeri indah kepingan surga kedepan menjadi kabupaten yang lebih baik dan semakin maju," tutur Kapolres Samosir.
Berphoto bersama seusai coffee morning.
Mewakili insan pers, Hotdon Naibaho, Wartawan Andalas Online mengapresiasi langkah Polres Samosir dalam rangka mewujudkan pilkada damai. Dirinya menekankan bahwa insan pers di Samosir menyambut baik dengan tidak menyebarkan berita hoax, memihak, ujaran kebencian dalam pemberitaan.

Pada sesi diskusi, sejumlah insan pers mengeluhkan banyaknya muncul akun-akun palsu di berbagai grup media sosial di masa Pilkada Samosir saat ini. Juga mengeluhkan orang-orang yang notabene tidak memiliki hak pilih di Pilkada Samosir turut memanaskan situasi.

"Banyak kami lihat di media sosial Facebook, orang-orang yang tidak tinggal dan tidak memiliki hak pilih di Samosir merasa punya hak mencampuri Pilkada Samosir. Kami harap Polres Samosir senantiasa memantau mereka agar situasi tetap aman dan terkendali," kata Wartawan Harian Portibi, Parlindungan Tinambunan.

Menyikapi itu, Kapolres Samosir AKBP M Saleh setuju agar pihak-pihak luar jangan menjadi propokator demi menjaga Kamtibmas Kabupaten Samosir yang diikat kekeluargaan. M. Saleh menegaskan bahwa Polres Samosir telah memikirkan soal itu.

"Kami akan pantau dengan melakukan operasi terhadap orang-orang luar yang mencoba memanaskan situasi kondusifitas Kabupaten Samosir di masa Pilkada saat ini," tambahnya.

Terkait akun-akun medsos, Kapolres Samosir mengaku telah berkoordinasi dengan Cyber Crime Polda Sumut agar memprioritaskan Samosir dalam memantau dan pendataan terhadap akun Facebook (FB) diduga palsu.

"Kita akan lebih intens berkoordinasi dengan Subdit Cyber Krimsus untuk membantu patroli siber terkait akun-akun palsu yang berisi hoax, hujatan ataupun cacian. Mudah-mudahan nanti kita juga bisa melakukan penegakan hukum terkait masalah tersebut,” pungkas AKBP M Saleh.(SBS).
×
Berita Terbaru Update