-->

Notification

×

iklan

Iklan

Persiapan New Normal, Gugus Tugas Covid-19 Samosir Matangkan SOP Beribadah Dan Pariwisata

Kamis, 11 Juni 2020 | 19.01 WIB Last Updated 2020-06-11T14:02:21Z
Bupati Samosir pimpin rapat pematangan SOP beribadah dan pariwisata.
Samosir(DN)
Gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Samosir mulai mematangkan protokol kesehatan terkait penerapan disiplin Standar Operasional Prosedur (SOP) New Normal di sektor fasilitas dan pelayanan publik.

Kali ini, Kamis, 11 Juni 2020, dipimpin langsung Bupati Samosir, Rapidin Simbolon bersama forkopimda, instansi terkait dan insan pers gugus tugas Covid-19 Kabupaten Samosir, rapat bersama di Aula Kantor Bupati Samosir guna mematangkan rancangan SOP kegiatan di rumah ibadah dan pariwisata.

Sekretaris Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Samosir, Mahler Tamba menyampaikan tahapan tatanan normal baru yaitu sosialisasi, uji coba, dan penerapan.

Sebelum penerapan, sambungnya, akan dilanjutkan dengan koordinasi secara vertikal. "Hasil kordinasi itu selanjutnya akan dituangkan ke dalam Peraturan Bupati untuk pelaksanaannya secara efektif di Kabupaten Samosir," ungkapnya.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon selaku Ketua Gugus mengungkapkan fakta masih tingginya kasus infeksi COVID-19 dan pilihan  hidup berdampingan dengan COVID-19.

Menyikapi fakta ini, sambung Bupati, harus disiapkan tatanan normal baru di Samosir. Selain itu, Rapidin Simbolon juga menegaskan perlunya mengambil kebijakan yang tegas dan terukur belajar dari pengalaman menghadapi kendala lapangan dalam implementasi protokol kesehatan sejauh ini.

"Saya berharap agar dalam rapat ini SOP rumah ibadah dan pariwisata benar-benar dimatangkan dengan baik sebagai panduan beribadah dan berwisata dengan mengedepankan kesehatan masyarakat," tutur Rapidin Simbolon.

Khusus untuk pariwisata, Bupati Samosir menegaskan, pada tahap awal new normal ini, pariwisata masih dikhususkan untuk wisatawan lokal.

Amatan di lapangan, rapat yang dipandu Sekdakab Samosir ini berjalan dinamis dengan masukan-masukan dari peserta rapat untuk menyempurnakan rancangan yang telah disusun sebelumnya terutama pada saat sesi tanya jawab dan pemberian masukan.

"Secara konseptual, rancangan protokol peribadahan dan parawisata sudah baik," ungkap Donald Panjaitan, Danramil 03/Pangururan.

Namun menurutnya, perlu konsistensi pelaksanaannya di lapangan dengan disiplin yang tinggi, agar tatanan normal baru ini berhasil dengan baik.

Di akhir rapat, Asisten II, Saul Situmorang memberikan gambaran pelaksanaan rancangan sosialisasi dan uji coba ini akan dimulai pada bulan Juni 2020 ini melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh Bupati Samosir.(SBS).
×
Berita Terbaru Update