-->

Notification

×

iklan

Iklan

Covid-19 Masih Meneror: Hiduplah Dengan Model Baru, Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Rabu, 13 Mei 2020 | 11.34 WIB Last Updated 2020-05-13T14:09:19Z
Ilustrasi.(Avrist).
Oleh: Suriono Brandoi Siringoringo
Dua bulan lebih kita hidup dalam kebingungan, dalam ketidakpastian. Kita hilang dari keramaian. Kita wajib berjarak dengan orang terdekat sekalipun.

Kita dipaksa untuk tidak berkumpul. Tujuannya tak lain dan tak bukan, supaya kita saling menyelamatkan.

Karena memang bumi kita tidak dalam keadaan baik-baik saja. Bumi ini membutuhkan cinta dan semangat untuk saling menguatkan. Dan manusia adalah elemen paling penting untuk membuat bumi kembali tersenyum.

Kita tahu yang namanya wabah atau musibah, sifatnya sementara. Bisa lama, bisa juga singkat. Tergantung manusia, seperti apa ia mendisiplinkan dirinya sendiri.

Kalau semangatnya ingin menguatkan satu sama lain, maka bumi ini kembali sehat.

Pun sebaliknya. Jika hanya ingin menyalahkan sebagian yang lain, saya kira semakin panjang perjuangan melawan virus ini.

Saat ini yang dibutuhkan adalah semangat saling menguatkan. Pandemi ini adalah momentum membangun solidaritas sosial antarsesama.

Karena pandemi covid-19 adalah masalah bersama yang harus ditangani secara bersama pula melalui sinergi dan kolaborasi antar-stakeholder.

Tidak boleh ada pertikaian, tidak boleh ada silang pendapat, dan tidak boleh ada saling menyalahkan, apalagi saling menghujat.

Semua harus berada dalam satu semangat yang sama, yaitu bersatu melawan covid-19 dengan segenap potensi yang ada.

Membangun kolaborasi, sinergi sumber daya dan strategi percepatan penanganan covid-19, harus menjadi rencana besar kita semua untuk membangun kekuatan melawan makhluk kecil tak terlihat ini, termasuk melawan rasa cemas dan rasa panik.

Hamparan pandemi sejatinya adalah arena perjuangan para pejuang kemanusiaan. Jika ingin ikut berjuang demi kemenangan, maka ikuti imbauan pemerintah.

Belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan ibadah di rumah. Jadikan rumahmu sebagai sekolah, kantor, sekaligus sebagai tempat ibadah. Bumi ini teramat luas. Carilah cara terbaik untuk sujud kepadaNya.

Mari hidup normal dengan gaya baru. Yakni hidup dengan menerapkan protokol kesehatan lebih disiplin agar tidak terpapar Covid-19. Jaga jarak, rajin cuci tangan, pake masker, hindari berkumpul, dan banyak-banyak berkreasi di rumah.
×
Berita Terbaru Update